Komjen Tito Karnavian, Calon Tunggal Kapolri

Komjen Tito Karnavian, Calon Tunggal Kapolri

 komjen tito 2

Oleh : Edhie, Goesti

Djapos.com – Masa jabatan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan segera berakhir pada Juli 2016 mendatang. Untuk itu Presiden Joko Widodo diminta secepatnya  memutuskan, apakah akan memperpanjang masa jabatan Badrodin Haiti atau akan menunjuk calon Kapolri baru.

Dengan semakin dekatnya masa reses DPR RI dan memasuki Hari Raya Idul Fitri, akhirnya Presiden Jokowi memutuskan mengganti Badrodin Haiti selaku Kapolri. Presiden Jokowi menunjuk satu nama saja sebagai calon tunggal Kapolri, yaitu Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, yang sekarang menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Presiden sudah menyampaikan surat permohonan persetujuan calon Kapolri kepada DPR. Nama yang diajukan adalah Komjen Pol Tito Karnavian Kepala BNPT,” kata Johan Budi, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Rabu (15/6/2016) kemarin.

Lebih lanjut Johan menjelaskan, “Adapun pertimbangan lain Presiden Jokowi memilih Komjen Tito, adalah untuk meningkatkan profesionalisme Polri sebagai pengayom masyarakat, memperbaiki kualitas penegakan hukum terutama terhadap kejahatan luar biasa seperti terorisme, narkoba maupun korupsi sekaligus juga meningkatkan sinergi dengan penegak hukum lain.”

Proses ini juga menurut Johan, telah memenuhi UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI dan menjadi hak prerogratif Presiden.

Adapun surat pengajuan Tito Karnavian sebagai calon Kapolri telah dikirimkan ke DPR. Ketua DPR Ade Komarudin yang pertama mengungkap informasi tersebut.

Penunjukan Komjen Tito sendiri banyak mengundang perhatian dan komentar beragam. Dari para pejabat pemerintahan, politisi hingga akademisi. Mereka umumnya sepakat dengan keputusan Presiden Joko Widodo. Karena Prestasi Komjen Tito selama ini dalam karirnya di Kepolisian Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *