Jelang Lebaran, Pemerintah Serius Benahi Harga Pangan

Jelang Lebaran, Pemerintah Serius Benahi Harga Pangan

 berita eko 11

Oleh : Aleshandy, Noveri, Dede. H

Jakarta, Djapos.com – Menjelang lebaran, Pemerintah RI sangat serius ingin menurunkan harga sembako yang terus melonjak selama bulan Ramadan. Hal ini dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat membuka rapat koordinasi tentang harga pangan di kantor Menko Perekonomian, Rabu (15/6/2016) lalu.

“Kita ingin cek sampai di mana pergerakan harga pangan karena waktunya semakin dekat menjelang Lebaran,” kata Menko Perekonomian Darmin.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Meneg BUMN Rini Soemarno, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Thomas Lembong serta Kepala Bulog Djarot Kusumayakti.

Sampai minggu kedua bulan Juni 2016, harga komoditas pangan pada umumnya mengalami kenaikan cukup drastis. Yang naik di atas 1% diantaranya daging ayam boiler mencapai 6.63%, telur ayam ras 6,81%, gula pasir 5,64%, cabe rawit merah 4,41%, cabe merah keriting 4,12%, cabe merah besar 4,01%, daging sapi 1,9%, dan bawang putih 1,62%.

Harga beras relatif aman, sedangkan harga daging sapi dan gula pasir sudah ada penurunan walaupun masih sedikit dari minggu lalu.

Dalam hal ini, pemerintah tentu saja akan mengambil langkah cepat dan strategis untuk mengatasi berbagai lonjakan harga pangan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *