Keistimewaan Air Zam-Zam

Keistimewaan Air Zam-Zam

berita foto hiburan 1

Oleh : H. Makmur, Uphie

Djapos.com – Siapa yang tidak mengenal air zam zam?  mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia melalui Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar. Banyak sekali keistimewaan dari air zam zam. Itu sudah dibuktikan dan dirasakan, baik oleh para jamaah haji yang menunaikan rukun islam ke 5 tersebut, maupun para ilmuwan.

Makna zam zam dalam bahasa Arab adalah banyak dan melimpah. Selain itu mata airnya pun kerap disebut Barrah yang bermakna kebaikan, atau Madhmunah yang berarti “yang berharga”. Adapun keistimewaan air zam zam dari berbagai sumber, antara lain :

  • Meminum Air zam zam menjadi satu amalan ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.
  • Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Abbas, Aku pernah menyiapkan air zam zam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri.
  • Makruh hukumnya apabila dipergunakan untuk mencucu najis, atau dipakai untuk membersihkan hadast besar.
  • Disunahkan membawa air zamzam pulang ke negerinya bagi jamaah “penunai rukun Islam ke lima) yang memang berasal dari luar Negara Arab, dan Rasullulullah adalah orang pertama yang membawanya keluar kota Mekkah, yaitu ke Madinah.
  • Mata Airnya tidak pernah kering, meskipun berjuta-juta umat manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim ibadah “H”, bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang yang di Masjid Nabawi (Madinah) yg berjarak 450 Km dari Mekah meminum air zam zam setiap saat.
  • Pada waktu Rasululullah akan melakukan Sa’i, beliau meminum air zam zam sampai kenyang, kemudian menyiram kepalanya dengan air zam zam.
  • Banyak orang mengguyur dan membasahi kain (baju) ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri, dan akan dipakai sebagai ‘Kafan” ( pembungkus mayat) kalau meninggal nanti.

Kajian Ilmiah

Beberapa peneliti yang penasaran dengan kandungan air zam zam pun mengungkap apa saja yang membuat air yang terberkahi itu begitu istimewa. Berikut ini mineral yang mereka temukan di dalamnya:

Kalsium serta garam magnesium

Terdapat kandungan kalsium dan garam magnesium dalam zam zam, yang jauh lebih tinggi kadarnya dari sumur-sumur lain yang terletak di Mekah dan tempat yang berdekatan dengan Masjdil Haram. Manfaatnya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, serta kesehatan tubuh pada umumnya.

Molekulnya sempurna

Sebaga benda cair, struktur pembentuk air zam zam juga sempurna. Lebih baik dibanding sumber air lain, demikian hasil penelitian Dr Masaru Emoto, peneliti Universitas Yokohama yang menulis buku The True Power of Water dan The Miracle of Water. Air zam zam punya 12 warna indah dan molekulnya seperti berlian yang berkilau dan rapi.

Zat anti kuman

Terdapat kandungan flourida, yang juga merupakan zat anti kuman. Itu sebabnya mengapa air zam zam dapat diminum langsung tanpa dimasak lebih dahulu dan tak membuat sakit perut. (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *