Komisi V DPR Setujui RAPBN-P 2016 Kementerian PUPR

Komisi V DPR Setujui RAPBN-P 2016 Kementerian PUPR

menteri pupr

Oleh : Goesti, Lily

Jakarta, Djapos.com – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2016 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya disetujui oleh Komisi V DPR, di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (27/6/2016) kemarin. Dengan demikian, maka anggaran APBN 2016 Kementerian PUPR yang awalnya senilai Rp 104 triliun turun menjadi Rp 97 triliun.

Turunnya anggaran hingga hemat Rp 7 triliun merupakan langkah penghematan yang dilakukan Kementerian PUPR. Sebelumnya, penghematan dalam RAPBN-P tersebut rencananya sebesar Rp 8,495 triliun. Namun karena ada tambahan belanja mendesak Rp 963 miliar dan Pagu Hibah Luar Negeri (PHLN) Rp 524,7 miliar, maka total yang dapat dihemat dalam RAPBN-P senilai Rp 7 triliun.

Tidak hanya dengan Kementerian PUPR, Komisi V DPR RI yang dihadiri oleh 29 orang anggota dari delapan fraksi, juga rapat dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, Basarnas, dan BMKG.

 

Jalur Mudik Siap

Setelah rapat usai, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa jalur mudik 2016 siap untuk dilalui para pemudik.

“Untuk jalur Pantura, pada hari Rabu (29/6/2016) nanti saya akan ke sana dan kami cek yaitu untuk Jembatan Sipait, dan kita monitor terus dan mudah-mudahan bisa dilewati,” jelasnya.

Setelah meninjau Jembatan Sipait, selanjutnya Menteri Basuki direncanakan akan meninjau rob di Semarang.

“Masalah rob itu saya fokus juga, karena menurut BMKG pada 6 Juli itu rob-nya paling tinggi dan akan kita lihat juga dan itu sedang dikerjakan,” tutup Menteri Basuki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *