Hasil Sidang Isbat, Menag : 1 Syawal Jatuh Hari Rabu

Hasil Sidang Isbat, Menag : 1 Syawal Jatuh Hari Rabu

 

sidang isbat 1437 h 2016 ok

Oleh : Goesti, aleshandy

Djapos.com – Hasil sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1437 H di Kementerian Agama Republik Indonesia telah ditetapkan pada hari Rabu 06 Juli 2016. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan laporan semua petugas pemantau hilal yang tersebar di 90 titik di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami bersepakat bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu 06 Juli 2016 lusa, berdasarkan laporan dalam sidang Isbat yang baru digelar tadi. Dimana laporan dari para petugas pemantau, tidak ada yang melihat hilal dari 90 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” papar Menag Lukman Hakim sesaat setelah sidang Isbat selesai di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (04/72016).

Lebih lanjut, Menag Lukman Hakim menjelaskan, bahwa dengan belum terlihatnya hilal hari ini, maka seluruh umat muslim masih menjalankani ibadah puasa pada Selasa 05 Juli 2015 besok. dan menggenapkan hitungan ramadhan menjadi 30 hari (Isti’mal).

“Posisinya di bawah ufuk, sebagaimana lazimnya, puasa Ramadan genap 30 hari. Besok Selasa masih puasa, sehingga 1 Syawal jatuh hari Rabu,” ucap Lukman.

sidang isbat 1437 h 2016

Sidang isbath digelar secara tertutup di Kementerian Agama pada Senin sore hingga menjelang maghrib. Sidang dihadiri pejabat terkait dan sejumlah duta besar negara sahabat.

Dalam siding Isbat ini, hadir perwakilan ormas besar di Indonesia, yaitu PBNU dan Muhammadiyah. Hadir pula perwakilan Duta Besar Negara Islam seperti Malaysia, Afghanistan, Pakistan, Al Jazair,  Arab Saudi dan Palestina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *