Situ Binong Perlu Perhatian Serius Pemkab Bekasi

Situ Binong Perlu Perhatian Serius Pemkab Bekasi

 situ binong

Oleh : Ozan, KS

Cikarang, Djapos.com – Kabupaten Bekasi, tepatnya di Cikarang Pusat, terdapat Situ yang keberadaannya sudah mencapai 100 tahun pada 2017 mendatang. Situ Binong namanya, dimana luasnya hampir 10 hektar.

Keberadaan Situ binong sendiri bagaikan “oase” di tengah kota karena letaknya di pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi. Yaitu di samping gerbang tol Cikarang Pusat, tepatnya di Desa Hegarmukti.

Situ Binong adalah warisan budaya yang seharusnya mendapatkan perhatian “lebih” dari Pemkab Bekasi.

Situ Binong seharusnya di kelola dan di tata menjadi tempat wisata alam, seperti hal nya Situ Wanayasa di Purwakarta. Pemkab Purawarta memberikan perhatian “lebih” walaupun luas Situ Wanayasa jauh lebih kecil dibandingkan Situ Binong.

Tokoh masyarakat Situ Binong yang juga Kepala Desa Hegarmukti, Jamad Jais menuturkan bahwa Pemkab Bekasi hanya berjanji saja tanpa bukti.

“Dari dulu hingga sekarang, Pemkab Bekasi tidak berencana akan menjadikan Situ Binong sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bekasi, tapi kenyataannya hanya omong kosong belaka,” kata Kades Jais.

Lanjut Jais, “Penataan dan pengelolaan Situ Binong sampai saat ini hanya hasil swadaya masyarakat sekitar dengan semampunya. Pemkab Bekasi dinilai tidak peduli dengan lingkungan dan warisan budaya alam seperti Situ Binong.”

Kades Jais dan masyarakat sekitar Situ Binong berharap Pemkab Bekasi mendatang lebih fokus dan peduli terhadap lingkungan. Dan juga mempunyai kepedulian untuk mempercantik dan memperindah Kabupaten Bekasi agar lebih sejuk, alami dan asri dengan alam yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *