Rizal Ramli, Man of The Year 2016

Rizal Ramli, Man of The Year 2016

 head 21

Oleh : Goesti, Reza RA

Djapos.com, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan reshuffle kabinet kerja jilid ke-2 di Istana Negara, Rabu (27/7/2016) siang WIB.

Salah satu menteri yang terkena dampak reshuffle jilid dua adalah Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli. Hal ini juga tampak dalam akun Twitter, Rizal Ramli beberapa saat sebelum Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle.

“Saya telah mencoba berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat Indonesia. Terima kasih rakyat Indonesia..,” tulisan Rizal dalam akun Twitternya @RamliRizal.

Jabatan Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman adalah hasil reshuffle jilid pertama, dimana sebelumnya di jabat oleh Indroyono Susilo. Rizal dilantik pada tanggal 12 Agustus 2015.

Selain itu, “kepretan” Rizal Ramli, membuatnya menjadi sosok yang tengah ramai dibincangkan saat ini. Diantaranya terkait permasalahan dengan beberapa orang, seperti dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri ESDM (sebelum reshuffle jilid 2) Sudirman Said dan terakhir dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam reklamasi Teluk Jakarta.

Tergesernya posisi Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman pasti banyak membuat kaget dan mengundang tanya. Namun apapun itu, reshuffle memang menjadi hak prerogatif seorang Presiden.

Menurut Ketua LSM SiDIK yg juga pengamat kebijakan di Indonesian Goverment Watch, R Eddie, Rizal Ramli berani membentur Karang, melawan Ombak dengan membatalkan Reklamasi. Hal ini adalah satu Keberanian dan satu pemikiran pengamanan negara yang sangat perlu di acungi jempol.

“Proyek reklamasi sangat berpotensi menghidupkan Smokel alias penyelundupan langsung dari laut ke pulau reklamasi. Dimana pulau reklamasi tersebut memiliki pelabuhan kecil di setiap pulaunya,” jelas Eddie.

Dedikasi dan kinerja Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman selama kurang lebih 11 bulan cukup diakui.

“Kepretan” Rizal Ramli yang menurut beberapa orang pengamat sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi, yaitu ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Terlepas dari sosoknya yang kadang kontroversi dan berapi-api, Rizal Ramli memang layak di sebut “Man of The Year”.

* baca berita sebelumnya : Reshuffle Kabinet Kerja Jilid 2 : Sembilan Orang Muka Baru, Sisanya Tukar Posisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *