Presiden Jokowi “Jewer” Kepala Daerah, Ahok Diantaranya

Rakornas TPID 2016

Presiden Jokowi “Jewer” Kepala Daerah, Ahok Diantaranya

Serapan APBD Rendah, Dana Masih Tersimpan di Bank

 rakornas tpid 2016

Oleh : Goesti, Raniqa

Jakarta, Djapos.com – Pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2016 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis, (04/8/2016), Presiden Joko Widodo menegur “keras” beberapa kepala daerah. Hal ini disebabkan masih banyak yang menyimpan dana untuk pembangunan dan belum maksimal digunakan.

Ada beberapa daerah dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota yang disebut Presiden Jokowi.

“Kita mulai blak-blakan, biar semuanya mengerti. Bukan hanya provinsi saja, kabupaten juga,” tegas Presiden Jokowi.

Urutan tertinggi dipegang Provinsi DKI Jakarta yang dananya masih tersimpan di bank sebesar Rp 13,9 triliun. Disusul Jawa Barat dengan Rp 8 triliun lebih serta Jawa Timur Rp 3,9 triliun.

“Pak Ahok duitnya memang gede. Tapi simpennya juga gede,” tegur Presiden RI ke 7 ini kepada Ahok yang turut hadir.

Untuk setingkat kabupaten, Bogor dan Bandung tertinggi, masing-masing sebesar Rp 1,9 triliun dan Rp 1,6 triliun. Sedangkan untuk tingkat kota, Medan Rp 2 triliun dan Surabaya Rp 1,8 triliun lebih.

Teguran terbuka ini merupakan “jeweran” kepada kepala daerah agar lebih meningkatkan lagi kinerjanya, terutama dalam hal kebijakan belanja anggaran.

 

Kendalikan Inflasi

Presiden Jokowi juga meminta kepada para kepala daerah agar memperhatikan angka inflasi. Menurutnya pertumbuhan ekonomi memang penting tetapi inflasi juga sangat penting.

Selain itu, Presiden Jokowi meminta kepada kepala daerah yang belum memiliki TPID agar segera dibentuk.

“Kalau bisa ada anggaran untuk pengendalian harga, begitu bergejolak langsung bisa dilakukan intervensi,” kata Presiden Jokowi.

Hadir dalam acara Rakornas TPID tersebut antaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menko Polhukam Wiranto, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo, Seskab Pramono Anung, Pimpinan dan Anggota DPR RI, Gubernur, Bupati dan Wali kota seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *