Puskesmas Pasar Minggu Adakan Sosialisasi Posbindu di Koramil 03/Pasar Minggu

Puskesmas Pasar Minggu Adakan Sosialisasi Posbindu di Koramil 03/Pasar Minggu

 posbindu_ok

Oleh : Goesti

Jakarta, Djapos.com – Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Kecamatan Pasar Minggu Kota Adminsitrasi Jakarta Selatan mengadakan acara sosialisasi di Koramil 03/Pasar Minggu, Kamis (18/8/2016) lalu.

Sosialisasi Posbindu dihadiri dari jamaah pengajian ibu-ibu Gang Langgar 2 Kel Pejaten Timur, warga sekitar Koramil, Satpol PP, Damkar, pedagang dan anggota Mitra Jaya serta anggota Koramil 03/Pasar yang tidak sedang berdinas di wilayah binaannya.

Tim Sosialisasi Posbindu dari Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu terdiri dari 5 orang yaitu Dr Devi Surya Iriyani (Kepala Satuan Usaha Kesehatan Masyarakat), dari tim KPLDH ibu Fitri Apriyanti dan Nadya Khoironi, dari Tim PTM (Penyakit Tidak Menular ) ibu Ratiningsih dan ibu Nizma Febriyanti.

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam kegiatan deteksi dini dan perantauan faktor risiko PTM yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor rentan risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minum, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, obesitas, strooke, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindaklanjuti tentang risiko yang ditemukan melalui konseling, kesehatan dan segala pelayanan fasilitas kesehatan dasar.

Kelompok PTM Utama adalaposbindu_ok-2h diabetes melitus (DM), kanker, jantung dan pembuluh darah (PJPD), Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Tujuannya adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dini faktor risiko PTM. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat yang rentan ber risiko PTM berusia 15 tahun ke atas.

Warga masyarakat cukup antusias mengikuti giat sosialisasi Posbindu dalam upaya mendapatkan pengetahuan, pemahaman tentang pola hidup sehat dan mendeteksi dini terhadap risiko penyakit tidak menular.

Di sisi lain masyarakat dapat merasa lebih dekat dengan instansi Koramil 03/Pasar Minggu dengan adanya undangan tersebut sebagai tali silaturrahmi.

Selain di Koramil 03/Pasar Minggu, sosialisasi Posbindu juga dilaksanakan di tempat lain, yaitu  di RW 10 dan 01 Kel Pejaten Timur, di RW 02 Kel Jati Padang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *