Ikuti Indo Defence 2016, APDI Paradekan Drone Formasi Pertama di Indonesia

 apdi-jiexpo

Oleh : RD, Abindos

Jakarta, Djapos.com – Pameran Indo Defence 2016 Expo & Forum di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada Rabu (02/11/2016).

Pameran Indo Defence 2016 diikuti 844 peserta dari 45 negara dan seluruh peserta berasal dari 573 perusahaan asing dan 271 perusahaan dalam negeri.

Salahsatunya adalah Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) yang dimotori oleh Awi Wicaksono, M. Akbar serta Andi Arfani yang ikut meramaikan pameran Indo Defence 2016.

Menurut Andi Arfani di pameran Indo Defence 2016 ini untuk mengenalkan APDI ke masyarakat umum khususnya TNI. Selain itu juga diantaranya adalah demo parade drone atau drone formasi yang baru pertama kali di Indonesia dan mungkin dunia hingga kegiatan public coaching.

“Ikutnya APDI dalam Indo Defence 2016 untuk lebih mengenalkan ke khalayak umum khususnya TNI, mengingat APDI pernah dilibatkan saat latihan tempur di Natuna,” kata Om Andi panggilan akrabnya.

Masih menurut Andi, disisi lain APDI juga ingin menaungi para penggiat drone untuk bergabung guna memberikan pembinaan serta meningkatkan kemampuan pilot.

“APDI membuka diri bagi para penggiat drone untuk bergabung sebagai wadah yang akan memberikan pembinaan. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan dalam menerbangkan wahana drone yang aman, bertanggung jawab dan bermartabat,” lanjutnya.

APDI sendiri resmi didirikan pada Februari 2015 memiliki tujuan untuk menghimpun para pilot drone baik yang amatir maupun professional. Selain itu juga sebagai langkah untuk mengantisipasi jika nantinya ada regulasi drone oleh pemerintah. Dan dalam Waktu dekat ini, APDI akan menyelenggarakan kembali pelatihan sertifikasi pilot drone pada 23-27 November 2016 mendatang

Seperti diketahui, drone adalah pesawat tanpa awak yang kini kian marak dan tidak sulit ditemukan di Indonesia. Apalagi sekarang drone dapat dengan mudah diperoleh dengan banyaknya model dan harga yang bervariasi.

Namun yang mesti diketahui khalayak umum, bahwa drone bukanlah mainan semata karena jika tidak terampil dan mengikuti aturan, maka dapat membahayakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *