Fruit Indonesia 2016, Presiden Jokowi Minta Produksi Buah Lokal Ditingkatkan

 foto-berita-17

Oleh : Goesti, R.Dewi

Jakarta, Djapos.com – Produksi buah lokal Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi agar mampu memenuhi permintaan pasar internasional. Presiden Joko Widodo mengatakan hal tersebut usai meresmikan Fruit Indonesia 2016, di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2016) kemarin.

“Banyak sekali yang permintaannya belum kita suplai dengan baik,” kata Presiden Jokowi panggilan akrabnya.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, satu tahun lalu Presiden Jokowi sudah memerintahkan kepada Kementerian atau lembaga terkait untuk membangun daerah khusus yang mempunyai potensi buah lokal.

Selain itu untuk memperbesar kapasitas produksi, pemerintah akan melibatkan BUMN yang selama ini cenderung menanam sawit dan karet.

“Kenapa tidak membuat 10 ribu hektar atau 50 ribu hektar khusus untuk buah? Ini yang baru kita kejar,” tegas Presiden Jokowi.

Sebelumnya dalam sambutannya Presiden Jokowi berharap Indonesia menjadi negara pengekspor buah utama dan terbesar di dunia.

 “Saya berharap, melalui acara Fruit Indonesia 2016 ini menjadi langkah awal menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor buah utama dan terbesar di dunia sehingga petani-petani buah dapat menikmati kesejahteraan yang lebih baik,” jelas Presiden Jokowi.

Dalam acara Fruit Indonesia 2016 Presiden Jokowi sendiri didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Turut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Ristek Dikti M. Nasir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Plt. Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, dan Rektor Institut Pertanian Bogor Herry Suhardiyanto.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *