Jelang Demo 212 DPN LAKRI Gelar Konsolidasi Kebangsaan

 foto-berita-13

Oleh : Goesti

Depok, Djapos.com – Dewan Pengurus Nasional (DPN) LAKRI menyelenggarakan acara dialog kebangsaan atau lebih dikenal sebagai Konsolidasi kebangsaan. Hal ini dilakukan dalam rangka mengingatkan masyarakat Indonesia adalah bangsa yang beragam dan majemuk.

Sandy Nayoan SH, dalam acara dialog tersebut memberikan pandangan, bahwa dialog kebangsaan harus terus dilakukan oleh kita sebagai bangsa yang hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Untuk itu, kesadaran tersebut penting kiranya untuk terus di tumbuh kembangkankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga masyarakat diharapkan, akan dapat saling memahami dan menghormati antara satu dengan yang lainnya,” kata Sandy Nayoan yang sekarang menjadi tokoh politik dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di kantor DPN LAKRI Depok, Kamis (01/12/2016).

Masih menurut Sandy, konsolidasi kebangsaan sangat perlu dilakukan karena penting untuk menjaga kesatuan dan persatuan serta keutuhan negara tercinta NKRI. 

“Karena kita berada dalam negara yang dipayungi oleh konstitusi dimana didalamnya mengatur kebebasan berekpresi untuk menyampaikan pendapat yang juga sebagai salah satu wujud implementasi dari pada konstitusi tersebut. Akan tetapi tentunya semua itu harus dilakukan dalam koridor yang telah ditetapkan sehingga nantinya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Sandy yang juga akrab dipanggil Midun dalam serial film “Sengsara Membawa Nikmat” bareng Dessy Ratnasari.

Sementara di kesempatan yang sama, Ketua Umum DPN LAKRI, H.M. Steven Sammy Lahengko SH, ikut menegaskan bahwa diadakannya dialog kebangsaan bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme di jajaran dewan pimpinan atau keluarga besar Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia.

“Karena bagi kami bahwa situasi kondisi politik saat ini yang gambangnya ada dalam tanda kutip kita harus melakukan perekat talisilaturahmi perekat kebangsaan dimana kita anak bangsa harus duduk bersama, duduk sama rendahnya dan berdiri sama tingginya untuk bicara tentang bangsa ini,” ujarnya.

Terkait tentang adanya isu makar atau tindakan pembelotan terhadap konstitusi bangsa ini, Sammy menegaskan bahwa jika itu sampai terjadi, maka LAKRI akan melakukan perlawanan bersama rakyat. Sammy juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi serta tuntutannya untuk kiranya dapat bersikap santun dan tidak mudah terprovokasi.

Disisi lain saat ditanya soal pandangan hukum terhadap kasus Ahok, Sekjen LAKRI Bejo Sumantoro menyatakan bahwa LAKRI sesuai aturan hukum sangat menghormati amanat konstitusi dan proses hukum yang tengah berjalan.

“Kami LAKRI tidak akan tinggal diam ketika ada upaya pihak-pihak yang ingin memecah belah keutuhan bangsa dan negara ini. Namun LAKRI juga tentunya akan mengapresiasi tindakan demo 212, sepanjang tujuannya adalah untuk mendorong proses penegakkan supremasi hukum terhadap saudara Ahok atas dugaan penistaan agama yang sudah tersangka dan tentunya disana ada pelanggaran pidana dalam kasus itu,” pungkas Bejo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *