Gempa Bumi 6,5 SR Kembali Guncang “Serambi Mekah” Aceh

foto-berita-30-ok

Oleh : RD, Goesti

Jakarta, Djapos.com – Gempa bumi berkekuatan 6,5 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pada pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12/2016). Pusat gempa berada di timur laut Kabupaten Pidie.

Menurut informasi dari BMKG, gempa terjadi di di 5,25 LU dan 96,24 BT tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km dan tidak berpotensi tsunami.

“Gempa bumi di Aceh ini tidak menimbulkan tsunami, karena berpusat di darat dan kekuatannya tidak cukup untuk memicu terjadinya tsunami,” kata Drs. Moch. Riyadi, M.si selaku Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dikutip dari situs BMKG.

Hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

“Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan bangunan. Ini sesuai laporan sementara dari zona gempabumi bahwa gempabumi ini memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempat,” terang Riyadi.

Lanjut Riyadi, bahwa hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 08.12 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan sebanyak 10 kali dengan kekuatan terbesar 4,8 SR.

“Tampak bahwa tren kekuatan gempa bumi susulan semakin kecil, sehingga masyarakat dihimbau agar tetap tenang, selanjutnya mengikuti arahan BPBA setempat dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Gempa bumi yang kembali menimpa “Serambi Mekah” Aceh telah merobohkan ratusan bangunan dan mengakibatkan hampir 95 orang meninggal.

Dari sejak gempa bumi terjadi kemarin hingga hari ini Kamis (8/12/2016), sudah banyak bantuan yang datang. baik untuk membantu evakuasi maupun bantuan logistik dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *