Panwaslu Kab Bekasi : Pentingnya Peran Serta Masyarakat Dalam Pilkada 2017

berita-104 

Oleh : Ray, Her

Bekasi, Djapos.com – Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) tahun 2017, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bekasi menyelenggarakan acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

Acara yang diperuntukkan bagi pengurus DKM, Majelis Taklim dan RW se Kabupaten Bekasi tersebut, digelar di Hotel Grand Cikarang, jalan Jababeka Raya, Cikarang Industri Estate, Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara pada Kamis (29/12/2016) pagi WIB.

Dalam sambutannya, Akbar Khadafi selaku ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi menginginkan peran serta dari masyarakat dapat di realisasikan dalam pilkada tahun ini.

“Masyarakat bukan lagi menjadi objek, akan tetapi subyek. Jadi peran serta masyarakat dari sub tahapan sampai tingkat tahapan bisa berjalan dengan baik,” kata Akbar.

Akbar juga menjelaskan, bahwa Panwaslu mengharapkan jika terjadi pelanggaran, masyarakat berhak melapor baik kepada Panwas, Panwascam atau PPL. Sehingga dengan cepat masalah itu akan segera di tindak. 

“Contohnya, jika terjadi adanya pelanggaran money politik, si pemberi dan penerima, dalam 24 jam harus segera melapor dan memegang barang bukti secara utuh,” lanjut Akbar.

Dalam kaitan hal tersebut, masyarakat juga bukan hanya sekedar mengawasi pelanggarannya saja, tetapi dibutuhkan juga saran dan lain lainnya, yang menunjang untuk tahapan pilkada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *