Proyek ‘Siluman’ Jalan Jamantri Karawang

jalan-sumantri-ok

Oleh : Ujang S

Karawang, Djapos.com – Pengecoran  Jalan di Kampung Jamantri, Desa Mekarjaya, Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang diduga tidak sesuai bestek. Pasalnya pengecoran yang dilaksanakan Desember 2016 lalu tanpa ada papan proyek yang dipasang sekitar pengecoran.

Menurut warga setempat, Tawin (47), pelaksana pengecoran  adalah CV Putra Sunda, dengan panjang 285 meter. Kuat dugaan tebal jalan cor itu hanya 17 sentimeter, yang idealnya tebal 20 sampai 25 sentimeter.

“Biasanya sebelum di cor, jalan diratakan dulu dan pakai alat berat, berupa gilinding. Tetapi jalan ini mah tidak, langsung di cor,” kata Tawin.

Ia menjelaskan, jalan penyambung Kampung Secang, Kelurahan Mekarti, Kecamatan Karawang Barat tersebut, kini hasilnya retak-retak. Padahal usia coran bisa dihitung jari, namun sudah retak dan belah.

“Dan kalau hujan jalan itu tergenang air, bebek juga bisa  berenang, karena jalan bergelombang tidak rata,” ujarnya.

Disinggung biaya pengecoran jalan, Tawin mengaku tidak mengetahui. Sebab tidak ada papan proyek yang dipasang disekitar pekerjaan.

“Anggaran pengecoran kita tidak tahu, karena tidak ada papan proyek. Saya juga tidak tahu asal muasal pekerjaan proyek tersebut, yang jelas uang parkir saja tidak dibayar oleh pemborong untuk karang taruna,” ulasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa (Kades) Mekar Jaya, Asep Juliadi, SH saat dikonfirmasi pada Jum’at (06/01/2017) mengatakan, bahwa dia tidak tahu-menahu dan tidak pernah menandatangani apapun.

Selain itu, saat dikonfirmasi wartawan dilapangan, Pengawas Dinas Bina Marga dan Pengairan, Deni,  menyebutkan tidak bisa berbuat banyak atas proyek tersebut.

“Ya mau gimana, saya tidak bisa berbuat apa-apa, pemborongnya seperti itu,” ungkapnya kepada Djapos.com

Bahkan, saat mau diminta keterangan, Rabu (03/01/2017) lalu kepada Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan, Kabupaten Karawang Acep Jamhuri, tidak ada diruang kerjanya hingga berita ini ditayangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *