Tingkatkan Hubungan, Delegasi Parlemen Korsel Kunjungi DPR RI

 foto berita 2 ok

Oleh : Goesti, Lily

Jakarta, Djapos.com – Delegasi Parlemen Korea Selatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Parlemennya Chung Sye-kyun melakukan kunjungan ke pimpinan DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/01/2016).

Setya Novanto  selaku Ketua DPR RI bersama pimpinan yang lain menyambut baik kunjungan tersebut. Menurutnya kunjungan delegasi parlemen Korea Selatan ini penting guna meningkatkan hubungan Indonesia dan Korea Selatan.

“Kami mendorong pemerintah masing-masing untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi,” kata Setya Novanto saat Konferesi Pers di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Setya Novanto juga mengatakan, bahwa volume perdagangan kedua Negara pada tahun 2014 mencapai 22,5 miliar US dollar. Sedangkan pada tahun 2015 mencapai 16,1 miliar US dollar dan tahun 2016 (Januari-Oktober) tercatat mencapai 11,2 miliar US dollar.

“Kami berharap nilai investasi Republik Korea di Indonesia dapat ditingkatkan kembali. Nilai investasi Republik Korea sampai triwulan ke-III 2016 di Indonesia tercatat sebesar 272,3 juta US dollar untuk 499 proyek. Besaran investasi ini mengalami penurunan dibandingkan dengan nilai investasi pada tahun 2015 yang mencapai 1.213,5 juta US dollar untuk 2.329 proyek,” jelas Novanto.  

Meskipun demikian, ia  mengapresiasi investasi perusahaan-perusahaan besar Korea Selatan di Indonesia, seperti POSCO, Hankook Tire, Samsung, dan lain-lain, karena turut berkontribusi bagi kemajuan dan perkembangan ekonomi Indonesia.  

Sementara itu, Ketua Parlemen Korea Selatan Chung Sye-Kyun mengharapkan ke depannya, Indonesia dan Republik Korea bisa saling melengkapi satu sama lain.

“Kita berjanji untuk memajukan ekonomi kedua negara dengan meningkatkan hubungan kedua negara berdasarkan prinsip saling menguntungkan. Tidak hanya kerjasama ditingkat parlemen, tetapi diantara kedua pemimpin negara,” ujar Chung Sye-Kyun.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut para Wakil Ketua DPR, yaitu  Fadli Zon, Agus Hermanto dan Fahri Hamzah. Selain itu ada pula Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafid, Wakil Ketua BKSAP Tantowi Yahya dan Syaifullah Tamliha serta anggota BKSAP  Dave Akbarshah Fikarno dan Hamdani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *