Pengadaan Buku Dinas Perpustakaan dan Asip Kabupaten Bekasi, Tanpa Lelang !!!

foto berita 136-2
Gambar Illustrasi Perpustakaan.

Cikarang, Djapos.com – Dugaan adanya penyimpangan anggaran pada pengadaan buku di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi tahun anggaran 2015 sebesar Rp 500 juta dan tahun 2016 sebesar Rp 1 milyar tidak dilakukan dengan proses pelelangan.

Nur Hamidah selaku Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengatakan, bahwa dirinya mengakui apabila pengadaan buku untuk keperluan perpustakaan tidak dilelang. Hal tersebut dilakukan karena mengacu pada Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 70 Tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa.

“Ada salah satu poin didalam Pepres yang membolehkan untuk pengadaan buku tidak harus melalui tahapan lelang dan penunjukan langsung. Karena pengadaan buku yang ada dibidang kami berpatokan dengan hak cipta (penulis) dan hak paten (penerbit),” ujarnya.

Selain itu lanjut dia, pihaknya membelikan buku tanpa dilakukan pelelangan sebab sudah koordinasi dengan LKPP dan dibuatkan rekomendasi untuk pengadaan buku itu secara langsung tanpa lelang.

“Rekomendasi dari LKPP itu kami konsultasikan ke ULP Kabupaten Bekasi yang mana dibuatnya perubahan perencanaan untuk pengadaan buku tanpa lelang, perubahan itu akhirnya merubah langsung rekening pengadaan buku itu,” terangnya.

Disinggung apakah sebelumnya sudah disosialisasikan atau tidak kepada publik untuk pengadaan buku secara langsung tanpa lelang, mengingat pada Kepres 70 Tahun 2012 itu diwajibkan kepada pengguna jasa untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada publik, apabila akan melakukan pengadaan barang dan jasa tanpa lelang atau dibelanjakan langsung.

Nur Hamidah mengaku bahwa sebelumnya belum pernah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada publik.

“Sebelumnya belum pernah kami publikasikan terlebih dahulu. Tapi kami sudah sosialisasikan kepada ULP,” tutupnya. 

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *