⁠⁠⁠Ini Pesan Kepala Kemenag dan Wabup Bekasi kepada Jama’ah Haji

Foto berita 170
Wakil Bupati Bekasi, Eka Suria Atmaja didampingi Kepala Kemenag Kab. Bekasi, Sobirin saat melepas rombongan jama’ah haji Kabupaten Bekasi.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi, Sobirin berpesan kepada jama’ah calon haji untuk selektif memilih makanan saat berada di tanah suci.

“Meski banyak makanan Indonesia dan konsumsi tetap yang disediakan, kami berpesan kepada jama’ah agar selektif memilih makanan saat berada di tanah suci. Para jama’ah biasanya ingin mencoba makanan disana, tapi harus selektif jangan sembarangan,” ujar Sobirin usai melepas rombongan jamaah calon haji di Plaza Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Selasa (01/08/2017).

Lebih lanjut Sobirin berpesan, jamaah juga harus mengantisipasi perbedaan cuaca di tanah suci. Alasannya, saat ini suhu di Arab Saudi mencapai 46 derajat celsius.

“Antisipasinya dengan menyediakan lotion pelindung kulit mengingat cuaca di Arab Saudi panas hingga mencapai 46 derajat,” tutur pria yang gemar bermain catur ini.

Pada ibadah haji tahun ini, kata dia, jamaah calon haji asal Kabupaten Bekasi berjumlah 2.136 orang. Jumlah tersebut lebih sedikit dari kuota yang diberikan yakni 2.210 orang.

“Untuk Kabupaten Bekasi kita dapat total kuota sebanyak 2.210 orang, tapi karena ada yang mutasi dari dan keluar Kabupaten Bekasi sebanyak 74 orang, jadi yang tetap berangkat ada 2.136 orang yang berangkat dari Kabupaten Bekasi. Kemudian ada juga yang tunda berangkat di kloter pertama satu orang,” jelas Sobirin.

Ia mengungkapkan, jamaah yang diberangkatkan kali ini terdiri dari enam kloter. Masing-masing kloter akan didampingi oleh lima orang petugas yang akan membantu segala sesuatu yang dibutuhkan jamaah haji dari Kabupaten Bekasi.

“Total petugas satu kloter ada lima orang petugas, kalau enam kloter berarti ada sekitar 30 orang petugas,” ujarnya.

Selama persiapan keberangkatan, kata dia, terdapat sejumlah kendala, di antaranya calon haji yang ingin satu rombongan sekeluarga.

“Kendala yang pertama kadang kala jamaah itu berangkat ingin satu rombongan, sementara pemeriksaan ada yang keluarganya sudah selesai ada yang belum. Adapun kendala lainnya seperti kesehatan, namun sifatnya bukan krusial, sehingga semua berjalan lancar,” ucapnya.

Rombongan jamaah calon haji dilepas oleh Wakil Bupati (Wabup) Eka Suria Atmaja. Dalam sambutannya, dia berpesan agar jemaah senantiasa menjaga kesehatan selama pemberangkatan hingga kembali ke tanah air. Jamaah pun diminta tetap hati-hati di sela menjalankan ibadah di tanah suci.

Ia juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung keberangkatan jamaah haji dengan menyiapkan dana sekitar Rp 400 juta. Dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2017 itu dialokasikan untuk mengangkut para jamaah dari Kabupaten Bekasi ke pondok haji.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *