⁠⁠⁠Indonesia CSR Exhibition 2017: Menuju CSR yang Berkelanjutan

Pelaksanaan CSR menjadi suatu keharusan bagi perusahaan dalam mendukung aktivitas bisnis, bukan hanya sekedar pelaksanaan tanggung jawab tetapi menjadi suatu kewajiban bagi dunia usaha.

Jakarta, Djapos.comCorporate social responsibility (CSR) menjadi isu penting dalam menjamin kelangsungan hidup dunia usaha saat ini. Dunia usaha tidak akan bisa berkembang tanpa memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan social, dimana perusahaan melakukan kegiatan operasional.

Oleh karena itu, pelaksanaan CSR menjadi suatu keharusan bagi perusahaan dalam mendukung aktivitas bisnis, bukan hanya sekedar pelaksanaan tanggung jawab tetapi menjadi suatu kewajiban bagi dunia usaha.

Penelitian yang dilakukan oleh Centre for Governance, Institutions, and Organizations National University of Singapore (NUS) Business School memaparkan rendahnya pemahaman perusahaan terhadap praktik CSR menyebabkan rendahnya kualitas pengoperasian agenda tersebut.

Penelitian yang dilakukan di empat negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand ini memaparkan empat negara sampel tersebut memiliki tingkat pelaporan CSR yang tinggi, namun tidak diikuti dengan kualitas praktiknya.

Kualitas praktik CSR yang jauh lebih baik diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan di Singapura dan Thailand dibandingkan dengan Malaysia dan Indonesia.

Dengan kualitas praktik CSR yang rendah, perusahaan-perusahaan di Indonesia perlu melakukan berbagai macam upaya untuk menunaikan kewajiban menyejahterakan masyarakat di sekitar perusahaan.

Adapun, perusahaan dengan praktik CSR berkualitas diharapkan dapat berbagi tentang pengimplementasian CSR terbaik di Indonesia sehingga dapat menjadi panutan bagi perusahaan lain.

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 2017 digelar dalam rangka meningkatkan image, meningkatkan awareness CSR, dan media sharing perusahaan-perusahaan yang  melakukan praktik CSR di Indonesia.

Di ajang yang mengusung tema Menuju CSR yang Berkelanjutan ini terdapat beberapa rangkaian acara seperti pameran, seminar, workshop, talkshow, hiburan dan lomba.

Peserta kegiatan ini terdiri dari perusahaan pelaku CSR baik PMA, perusahaan terbuka, BUMN, BUMN dan swasta; perusahaan operator CSR; serta perusahaan binaan CSR.

Kemudian acara ini akan dihadiri oleh para CEO, president director, BOD’s, corporate secretary, marketing communication executives, pegawai negeri, pegawai BUMN-BUMD, karyawan swasta, mahasiswa, pelajar, jurnalis dan masyarakat luas.

Acara yang diadakan oleh Warta Ekonomi Group dan didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia ini akan digelar pada Jumat- Minggu, 18-20 Agustus 2017 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

Pembukaan exhibition  akan  dihadiri  oleh  Presiden  Republik  Indonesia  Joko  Widodo  dan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar.

Adapun, penutupan exhibition akan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar.

Puncak acara akan diakhiri dengan pemberian penghargaan Social Business Inovation dan Green CEO Award. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para CEO dan perusahaan-perusahaan yang selama ini telah menerapkan praktik CSR berkualitas dan berkelanjutan sehingga memberikan kontribusi kepada masyarakat.

 

Reporter : AP/RD/RZ/RA

Foto : dok/DJP/WE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *