Ini Kata Kajari Soal Ketidakwajaran Kegiatan Bagian Umum Temuan DPRD Kab Bekasi

Berikut ‘bunyi’ salah satu ‘point’ yang tertuang dalam surat rekomendasi DPRD Kabupaten Bekasi.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Terkait temuan DPRD Kabupaten Bekasi terhadap ketidakwajaran realisasi anggaran Bagian Umum, Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bekasi, Risman Tarihoran mengatakan belum mengetahui rekomendasi yang dikeluarkan DPRD tersebut.

“Saya belum dapat suratnya, belum ada rekomendasinya. Nanti saya tanya dulu anak-anak ya, ke kasi-kasi ya” kata Risman kepada Djapos.com, Senin (07/08/2017).

Saat ditanya apakah Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi akan menindaklanjuti jika ada laporan dugaan penyimpangan anggaran di Bagian Umum tahun 2016, Risman menyatakan akan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk ke Kejaksaan.

“Kalau ada aduan pasti juga akan kita periksa. Udah dulu ya,” tutupnya.

Sementara itu, H. Daris, SE, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, kepada Djapos.com,  mengatakan DPRS kabupaten Bekasi tidak mempunyai hak untuk menindaklanjuti rekomendasi ke ranah hukum. Dikatakannya, rekomendasi yang dikeluarkan hanya sebatas menyampaikan kepada Bupati Bekasi untuk menindaklanjuti temuan DPRD Kabupaten Bekasi.

“Kita tidak ada hak untuk itu. Kita hanya menyampaikan rekomendasi ke Bupati untuk menindaklanjuti temuan. Tapi yang sudah-sudah, hampir 90 persen rekomendasi yang kita keluarkan diabaikan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan DPRD Kabupaten Bekasi mengeluarkan 23 rekomendasi terhadap laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) 2016. Salah satu dari 23 rekomendasi tersebut, DPRD Kabupaten Bekasi ‘menemukan’ ketidakwajaran beberapa kegiatan Bagian Umum.

DPRD Kabupaten Bekasi meminta dilakukan audit ulang terhadap realisasi fisik dan anggaran pada Bagian Umum, Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi tahun anggaran 2016. Serta menindaklanjuti kepada lembaga penegak hukum Kejaksaan dan Kepolisian untuk mengusut tuntas dan menindaklanjuti temuan tersebut.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *