Astaghfirullah, Di Karawang Banyak LAZ Bodong !

 

Karawang, Djapos.com – Di Kabupaten Karawang banyak Lembaga Amil Zakat (LAZ) bodong. Itu diketahui ketika Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Karawang melakukan penyisiran LAZ di Karawang. Pasalnya banyak LAZ di beberapa tempat tidak memiliki rekomendasi BAZNAS dan Kementrian Agama Karawang.

Salah satunya adalah LAZ Pupuk Kujang, Cikampek diduga tidak memiliki rekomendasi BAZNAS dan Kementrian Agama Karawang. Menurut aturan yang berlaku tiap LAZ diharuskan ada rekomendasi BAZNAS serta Kementrian Agama.

“Sudah puluhan tahun LAZ Pupuk Kujang didirikan, tapi belum merekomendasikan ke Baznas Karawang. Seakan tidak mengindahkan keputusan Menteri Agama tentang LAZ dengan surat keputusan nomor 333 tahun 2015, merupakan turunan dan Peraturan Presiden (PP) Nomor 14 Tahun 2014 pedoman pemberian izin LAZ.” kata Kepala BAZNAS Karawang, H. Kurnia Adam Kartayasa saat ditemui oleh Djapos.com.

Ia mengatakan, LAZ bodong dapat merugikan masyarakat Karawang, karena dalam penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh tidak diketahui. Harusnya melalui BAZNAS terlebih dahulu dilibatkan.

“Jangan membagikan secara individu, karena ada aturannya sendiri yang mengatur hal tersebut,” katanya.

Termasuk LAZ Pupuk Kujang. Ia mengharapkan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh melibatkan BAZNAS sebagai lembaga yang resmi.

“Kita harapkan LAZ Pupuk Kujang segera datang ke BAZNAS untuk membicarakan persoalan ini secara baik-baik, demi kenyamanan bersama,” ulasnya.

Saat dikonfirmasi Djapos.com pada 28 Agustus 2017 lalu, Pelaksana Harian LAZ Pupuk Kujang, Bakti  menyatakan kesiapan untuk merekomendasikan ke BAZNAS dan Kementrian Agama Karawang. Namun disayangkan pernyataan tersebut tidak diindahkan sampai saat ini. Bahkan ketika dikonfirmasi ulang melalui posel selular, Bakti menjawab sedang cuti kerja. Namun ia mengarahkan wartawan untuk konfirmasi kepada pihak kantor Pupuk Kujang.

 

Reporter : Ujang/Suh

Foto : dok/DJP/UJ/Suh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *