Desa Cikedokan Wakili Kabupaten Bekasi P2WKSS Tingkat Provinsi

Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin saat memberikan sambutan.

Cikarang Barat, Djapos.com – Salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan dalam pembangunan adalah melalui Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin mengatakan, program ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya.

“Program terpadu P2WKSS yang merupakan program tahunan yang bertujuan untuk mewujudkan ketahanan keluarga menuju sehat sejahtera termasuk perlindungan perempuan dan anak serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup,” kata Neneng dalam sambutannya diacara penerimaan secara langsung tim Monitoring Jawa Barat, Kamis (09/11/2017).

Sebagai tuntuan program pembangunan Pemberdayaan Perempuan, Kesejahteraan dan Perlindungan Anak yang menjadi mandat lembaga, serta tuntuan MDGs dalam rangka penanggulangan kemiskinan yang harus dituntaskan, maka program terpadu P2WKSS perlu direvitalisasi. Petunjuk ini diperlukan agar dapat memberikan petunjuk bagi penyelenggara program terpadu P2WKSS.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bekasi melakukan koordinasi dalam rangka upaya menyelaraskan program-program yang ada di Perangkat Daerah (PD) khususnya dalam  upaya peningkatan kualitas hidup perempuan.

Bupati Bekasi dr Neneng Hasanah Yasin saat menerima Tim Monev Provinsi Jawa Barat dalam Pelaksanaan Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat Kamis (9/11). (foto Humas Pemkab Bekasi).

Dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui program P2WKSS di Kabupaten Bekasi ini diharapkan dapat terselenggara dan dapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk membangun diriya sendiri, dalam bentuk mobilisasi dan pemanfaatan seluruh potensi masyarakat, difasilitasi oleh PD terkait yang ada di Kabupaten Bekasi dan TP. PKK Kabupaten Bekasi.

Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat tahun 2017 ini dipilih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi sebagai tempat pelaksanaan program P2WKSS. Sebagai mana diketahui bahwa pada saat proses verifikasi awal yang dilaksanakan pada Maret 2017 dimana kondisi masyarakat dan lingkungan yang begitu memprihatinkan mulai dari rumah yang tidak layak huni, Infrastruktur jalan yang belum memadai, lingkungan yang kurang bersih, saluran pembuangan limbah yang menggenang sampai ke permasalahan pendidikan maupun kesehatan warga di Desa Cikedokan yang masih dapat dibilang rendah.

Dengan adanya program P2WKSS yang dilaksanakan melalui tiga kelompok kegiatan diantaranya 1) Kelompok Kegiatan Dasar (KKP) yang mencakup kegiatan Penyuluhan yang ditujukan untuk merubah sikap dan perilaku warga kearah yang lebih baik , 2) Kelompok Kerja Lanjutan (KKL )yang dilakukan dengan menciptakan lapangan kerja dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga termasuk didalamnya pembinaan anak dan remaja termasuk Program Bina Keluarga Balita dan 3) Kelompok Kegiatan Pendukung yaitu dengan melaksanakan kegiatan kegiatan pelatihan dan kursus dengan tujuan agar warga dapat memiliki keterampilan khusus  yang dapat bermanfaat untuk kedepannya.

Akhirnya dengan melaksanakan tiga kelompok kegiatan tersebut kini Desa Cikedokan telah berbenah diri dan menjadi Desa yang semakin maju dan lebih baik lagi khususnya bagi masyarakat setempat yang merasakan hasil dari Program P2WKSS ini.

 

Bupati Berharap dapat Pertahankan Predikat Terbaik di Provinsi Jawa Barat

Dalam kesempatan peninjauan dan evaluasi oleh Tim dari Provinsi Jawa Barat pada Kamis (09/11//2017), Bupati Bekasi dr Neneng Hasanah Yasin menerima secara langsung tim Monitoring didampingi oleh Sekretaris Daerah, Drs. H. Uju,M.Si  dan beberapa Perangkat Daerah serta Camat Cikarang Barat, Rahmat Atong S.STP.

Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin memberika bantuan kepada PKK Cikarang Barat.

Bupati Bekasi, Neneng Hasaanah Yasin dalam sambutannya, Kamis (09/11/2017) berharap bahwa Desa Cikedokan dapat menjadi yang terbaik di Provinsi Jawa Barat seperti pada tahun sebelumnya diraih oleh Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru yang menjadi lokasi pelaksanaan P2WKSS di Kabupaten Bekasi.

“Tentunya dukungan dari lapisan seluruh masayarakat sangat penting agar desa ini semakim terus maju dan lebih baik lagi. Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat khusunya warga Desa Cikedokan mari bersama-sama mewujudkan Desa Cikedokan, Cikarang Barat dan Bekasi yang bersinar,” ujarnya.

Sementara itu Camat Cikarang Barat, Rahmat Atong menyambut antusias dengan dipilihnya salah satu desa yang berada di wilayah yang dipimpinnya menjadi perwakilan pelaksanaan program P2WKSS tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2017.

Rahmat juga mengaku optimis Desa Cikedokan akan meraih yang terbaik dalam pelaksanaan P2WKSS tingkat provinsi tahun 2017 ini. Rahmat juga berharap dengan pelaksanaan program P2WKSS kali ini, masyarakat khususnya warga Cikarang Barat dapat mewujudkan apa yang diharapkan bersama dan harapan dari Bupati Bekasi.

“Sepakat dengan Bupati, dukungan dari seluruh lapisan masyarakat khususnya warga Desa Cikedokan, Cikarang Barat sangat penting. Kami juga sangat optimis kalau akan mendapatkan hasil yang baik, dan masyarakat dapat merasakan manfaat dari program P2WKSS ini. Semoga Cikarang Barat khususnya Kabupaten Bekasi bisa bersinar,” pungkasnya.          

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *