Konsep Go Green Wujudkan Taman Asri di Pusat Perkantoran Pemkab Bekasi

Cikarang Pusat, Djapos.com – Dalam upaya menerapkan konsep hijau atau go green di lingkungan pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Bagian Umum, Sekretariat Daerah Pemkab Bekasi terus berupaya memperindah lingkungan pusat perkantoran yang berada di Desa Sukamhi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Kepala Bagian Umum, Peno Suyatno kepada djapos.com mengatakan, konsep go green di lingkungan pusat perkantoran Pemkab Bekasi sudah mulai diterapkan pada awal tahun 2017 ini. Menurutnya, dimasa mendatang diharapkan semua lingkungan perkantoran milik Pemkab Bekasi yang berada di luar pusat perkantoran seperti, kantor desa, kecamatan dan kantor dinas akan diterapkan konsep go green.

“Tujuannya agar ke asrian dan keindahan serta kenyamanan bisa dirasakan manfaatnya bagi pegawai dan masyarakat yang datang. Konsep ini tentunya juga untuk menanggulangi pemanasan global dan polusi yang sangat mengancam kesehatan. Konsep ini juga juga harus disosialisasikan,” ujarnya.

Peno juga berharap dukungan pihak swasta dalam mewujudkan lingkungan hijau dan asri. Dukungan itu lanjut dia, dengan memberikan bantuan bibit tanaman serta penataan taman di lingkungan perkantoran Pemkab Bekasi.

“Kan tidak harus melalui APBD saja, pihak swasta juga bisa turut andil melalui CSR (Coorproate Social Responsibility-red). Dengan peran serta swasta tentunya dapat mempercepat dalam mewujudkan program go green ini,” jelasnya.

Masih kata Peno, penataan konsep go green akan terus dilakukan Pemkab Bekasi secara bertahap. Tentunya lanjut dia, dititik tanah-tanah yang gersang akan segera dirubah menjadi indah dan asri. Dengan konsep go green kata dia, masyarakat akan senang berkunjung di pusat perkantoran Pemkab Bekasi.

“Dahulu kalau malam sangat sepih sekali, mungkin karena belum ada taman, dan kolam air mancur atau fasilitas lannya, tapi setelah ditata dengan baik di malam hari kini banyak yang berkunjung ke taman duduk santai dan sekaligus selfie. Kami juga berharap masyarakat yang mengunjungi dapat menjaga kebersihan serta sarana lain yang disediakan Pemkab Bekasi,” himbaunya.

 

Dua Taman Akan Dibangun dengan Konsep Go Green

Kepala Bagian Umum Sekteriat Daerah, Kabupaten Bekasi, Peno menjelaskan, selain penataan taman di pusat perkantoran, Pemkab Bekasi juga berencana menata pertamanan di setiap kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi.

Pria yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Bekasi menuturkan, konsep go green tentunya harus sejalan dengan perbaikan infrastruktur seperti, memperbanyak taman hijau dan menanam pohonnya serta perbaikan infastruktur yang mendukung lainnya.

“Pemkab Bekasi juga akan membangun dua taman baru, yaitu taman bermain cikarang barat yang rencanaya akan dibangun di Jalan Raya Cikedokan dan taman baca yang rencananya akan dibangun di halaman kantor kecamatan Cikarang Selatan,” jelasnya.

Menurut dia, inovasi-inovasi yang menunjang untuk mewujudkan Kabupaten Bekasi yang ‘Bersinar’ akan terus dilakukan. Tentunya, lanjut dia dengan konsep taman bermain yang hijau atau go green.

“Selain ruang terbuka untuk bermain, masyarakat akan bisa merasakan keindahan dan kesejukan taman yang asri dan taman baca yang akan sangat bermanfaat untuk anak-anak kita,” tutupnya.           

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *