Cegah Difteri, Warga Kelurahan Utan Panjang Jakpus di Vaksin Massal

Eti Kusmiyati, MA, selaku Lurah Utan Panjang saat di sela-sela Vaksinasi massal, Senin (15/01/2017) di Kantor Pos RW 08.

Jakarta, Djapos.com – Semakin merebaknya kasus pasien meninggal akibat Virus Difteri membuat Pemerintah langsung bergerak cepat. Outbreak Response Imunization (ORI) yaitu imunisasi difteri ulang adalah salah satu cara yang dilakukan Pemerintah untuk menangani wabah penyakit tersebut. Hal ini diberlakukan terutama kepada tiga provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Sejak Desember 2017, Imunisasi difteri serentak dilakukan di tiga provinsi tersebut, baik di sekolah, puskesmas, posyandu, rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya. Pemerintah berharap cara ini dapat menghentikan infeksi bakteri penyebab difteri yang mematikan.

Di DKI Jakarta sendiri, khususnya wilayah Kelurahan Utan Panjang yang terdiri dari 10 RW dan berada di wilayah Kecamatan Kemayoran Kota Jakarta Pusat, juga melakukan pencegahan virus difteri. Banyak Warga berduyun membawa bayi dan anak mereka datang untuk mengikuti vaksinasi difteri massal tersebut.

Warga Kelurahan Utan Panjang berduyun membawa bayi dan anak mereka datang untuk mengikuti vaksinasi difteri massal.

Vaksinasi massal ini dilakukan di beberapa tempat terpisah, yaitu di Posyandu Melati 2, Gedung Putih di Jalan R, RPTRA Kampung Budaya serta Kantor Pos RW 08. 

Eti Kusmiyati, MA, selaku Lurah Utan Panjang saat diwawancarai di sela-sela Vaksinasi massal, Senin (15/01/2017) di Kantor Pos RW 08 mengatakan, bahwa sebelum melaksanakan kegiatan Vaksinasi massal ini pihaknya bersama Puskesmas Kemayoran mengadakan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga.

“Karena vaksinasi hanya dilakukan hari ini, kita menargetkan 5000-an warga yang berumur 1 hingga 19 tahun sudah dapat tervaksinasi,” kata Lurah Eti.

 

Reporter : Novery, R415

Foto : dok/DJP/NV/R415

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *