Polres Metro Bekasi Ringkus Sindikat Pemalsuan STNK Mobil

STNK kendaraan roda empat palsu yang disita Polres Metro Bekasi.

Cikarang Utara, Djapos.com – Polres Metro Bekasi Kabupaten berhasil meringkus  pelaku pemalsuan dokumen Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan roda empat di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Kepada awak media saat gelar Press Realese di Mapolrestro Bekasi, Selasa (30/1/2018), Kapolrestro Bekasi Kabupaten Kombespol Candra Sukma Kumara menjelaskan, kasus tersebut terungkap ketika anggotanya melakukan observasi dan mendapatkan laporan informasi dari masyarakat.

Informasi yang diterima Polres Metro Bekasi, kata Candra, bahwa di perumahan sektor 5 Rt 01/12, Kelurahan kampung Bahagia, Kecamatan Babelan ada satu unit mobil Pick Up milik Sugeng Warnita yang STNK-nya palsu.

“Awalnya pada 18 Januari 2018 ada laporan, ada kecurigaan dari masyarakat bahwa mobil diduga dokumennya palsu, setelah kita cek dan cocokan memang tidak sesuai,” ujarnya.

Masih kata Candra, hasil dari pemeriksaan petugas diketahui mobil dengan STNK palsu tersebut diperoleh dari KA dan N. Keduanya diketahui telah memalsukan dengan merubah mobil tersebut. Ka dan N lanjut dia, menerima mobil tarikan dari A seorang ‘debt colector’ atau ‘mata elang’ disalah satu perusahaan lising.

“Tersangka A menjual mobil tersebut kepada KA kemudian merubah STNK atas namanya sendiri untuk meyakinkan korban bahwa mobil tersebut milik tersangka KA,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan dan pengembangan, sambung dia, KH sudah melakukan aksinya selama enam tahun dan telah memalsukan sebanyak 150 STNK.

“Kami sedang coba mengungkap kendaraan kendaraan yang dilempar oleh tersangka, mereka menjualnya diluar Jawa tengah dan di Bekasi,” katanya.

Dari tersangka polisi menyita 3 buah STNK palsu atas nama Khorul Anwar dan 4 unit Mobil. Tersangka terkena Kasus Pemalsuan dan atau Pertolongan Jahat, Pasal 263 KUHP dan 480 KHUP dengan ancaman enam tahun penjara.              

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *