Banjir di Ciantra, Warga ‘Udunan’ Sewa Pompa Hingga Rp 45 Juta, 200 KK Ngungsi

Guna mengurangi volume air, Warga terdampak banjir di wilayah perumahan Graha Ciantra, Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang selatan, Kabupaten Bekasi menyedot air dengan menggunakan mesin pompa.

Cikarang Selatan, Djapos.com – Sekitar 200 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi akibat musibah banjir yang melanda wilayah perumahan Graha Ciantra, Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang selatan, Kabupaten Bekasi.

Selain intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, banjir diwilayah ini juga disebabkan saluran pembuangan utama yang melewati wilayah ISPI Grup mampet. Akibatnya sudah 7 hari warga terpaksa mengungsi ke mushola terdekat yang lokasinya lebih tinggi.

Antisipasi sementara dari pihak ISPI menggali dan mencari titik yang diduga menjadi penyebab tersumbatnya saluran dengan menggunakan alat berat. Tetapi warga mengeluhkan lambannya penanganan dari pihak pihak-pihak terkait.

Jika kemarin sore ketinggian air mencapai 1,5 meter, meskipun sudah disedot menggunakan 1 mesin pompa namun sampai dengan dengan pukul 09.00 WIB tinggi air masih 40 centimeter.

Agus Prayitno, ketua RW setempat mengatakan jika saluran air tidak segera di terselesaikan dengan intensitas yang masih tinggi 200 rumah warga terancam tenggelam.

“Jauh-jauh hari sebelumnya kami sudah beberapa kali melayangkan pemberitahuan ke pihak ISPI, bahwa adanya saluran kami yang amblas, tetapi sampai terjadi musim hujan belum juga ada respon,” kata Agus, Kamis (15/2/2018) lalu.

Masih kata dia, kondisi korban banjir saat ini sudah mulai mengalami gangguan kesehatan, disisi lain warga juga mengeluhkan biaya penanganan banjir yang sangat tinggi.

“Untuk sewa pompa selama10 hari warga harus merogoh kocek hingga Rp 45 juta, itu belum termasuk biaya BBM dan operator setiap harinya,” ujarnya.

Ia dan warga juga berharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi serta mencari solusi penanganan banjir di wilayahnya. “Kami sudah cukup menderita dengan musibah ini, selama ini kami mengandalkan bantuan dari beberapa donatur untuk menutup operasional kami,” tuturnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi bersama Camat Cikarang Selatan, Kepala Desa Ciantra, dan Satpol PP meninjau lokasi musibah banjir di wilayah tersebut dan berjanji akan mencari solusi untuk penanganan dan antisipasi kedepan.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *