Setelah 14 Parpol Terverifikasi, KPU Lakukan Undian dan Penetapan Nomor Urut

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saat melakukanrapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut parpol, yang berlangsung di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol No. 29, Jakarta, Minggu (18/2/2018) malam WIB.

Jakarta, Djapos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melanjutkan tahapan selanjutnya, setelah secara resmi menetapkan 14 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu pada tahun 2019 mendatang. Yaitu melaksanakan rapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut parpol, yang berlangsung di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol No. 29, Jakarta, Minggu (18/2/2018) malam WIB kemarin.

Sebanyak 14 parpol nasional dan 4 parpol lokal Aceh hadir dalam acara tersebut guna mengikuti prosesi pengundian dan penetapan nomor urut.

KPU sebagai penyelenggara pemilu, telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan perlakuan yang adil kepada seluruh parpol. Hal ini dibuktikan dengan mekanisme pengundian pengambilan nomor ditentukan berdasarkan waktu kehadiran parpol di Gedung KPU.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar saat membacakan do’a pada pembukaan acara rapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut parpol, yang berlangsung di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol No. 29, Jakarta, Minggu (18/2/2018) malam WIB.

Tak hanya perlakuan adil, KPU juga menyelipkan simbol transparansi melalui bola yang dimasukkan ke dalam fishbowl undian nomor urut.

“Bola yang digunakan transparan menujukan simbol KPU selalu mendorong kinerjanya yang transparan,” jelas Ketua KPU Arief Budiman sebelum memulai pengundian didampingi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Lanjut Arief, selain itu ada kotak kecil hitam di masing-masing meja dan ada nama partai. Parpol dipersilahkan menempatkan bolanya di lubang yang tersedia. Ini jadi simbol parpol bersama penyelenggara pemilu bersama-sama mengedepankan transparansi.

Dalam pengundian nomor urut partai peserta Pemilu 2019, hampir semua Ketua Umum parpol hadir. Seperti Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PPP M Romahurmuziy, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai PSI Grace Natalie, Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana dan Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto.

Adapun Partai Demokrat dan Partai Nasdem tidak dihadiri oleh masing-masing Ketua Umumnya. Untuk Partai Demokrat diwakilkan oleh kedua anak Ketua Umumnya, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Sebagaian para Ketua Umum dan Sekjen serta anggota partai politik yang hadir dalam rapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut parpol, yang berlangsung di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol No. 29, Jakarta, Minggu (18/2/2018) malam WIB.

Setelah melakukan prosesi dua kali pengundian, yaitu yang pertama untuk pengambilan nomor urut pengundian dan kedua untuk penetapan nomor urut, maka inilah urutan ke 14 parpol peserta pemilu tahun 2019 :

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA)
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  4. Partai Golongan Karya (GOLKAR)
  5. Partai Nasional Demokrasi (NASDEM)
  6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (GARUDA)
  7. Partai Beringin Karya (BERKARYA)
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  9. Partai Persatuan Indonesia (PERINDO)
  10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  12. Partai Amanat Nasional (PAN)
  13. Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA)
  14. Partai DEMOKRAT

Dan ada 4 parpol lokal aceh, yaitu :

  1. Partai Aceh (PA)
  2. Partai SIRA
  3. Partai Daerah Aceh (PDA) 
  4. Partai Nanggroe Aceh (PNA)

 

Reporter : Noferi, Sun

Foto : dok/DJP/NF/Sun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *