Giat Penyuluhan Bahaya Narkoba, Polisi Masuk Sekolah dan Kampus

Ipda M. Basir, SH selaku Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat saat memberikan penyuluhan Bahaya Narkoba di SMA Budi Mulia, Jalan Mangga Besar Raya No. 135 Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Jakarta, Djapos.com – Dalam rangka memerangi dan meminimalisir peredaran narkoba dan penyalahgunaaan obat terlarang di masyarakat, terutama dikalangan remaja (pelajar dan mahasiswa), Polres Metro Jakarta Pusat menggelar acara yang diberi nama “Polisi masuk sekolah dan Universitas”.

Tema dan tujuan acara yang bertempat di SMA Budi Mulia, Jalan Mangga Besar Raya No. 135 Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Rabu (21/2/2018) pagi WIB. adalah memberikan penyuluhan kepada siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Adapun nara sumbernya adalah Ipda M. Basir, SH, Bripda Arya dan Bripda Fitria.

Ipda M. Basir, SH selaku Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat yang dalam kesempatan itu menyampaikan materi “kenakalan remaja, jenis narkoba dan juga bahaya mengkonsumsinya” mengatakan bahwa, para pelajar harus terbebas dari segala jenis narkoba.

“Dampak negatif dari narkoba itu bukan saja berdampak buruk bagi kesehatan tapi juga bagi masa depan si pecandu tersebut. Katakan tidak pada Narkoba!” ujar Ipda M. Basir.

Masih menurut Ipda M. Basir, remaja yang rentan terjerat pemakaian narkoba dan beresiko tinggi manjadi pecandu narkoba adalah remaja yang :

  1. Tidak berada atau kurang pengawasan dari orang tua.
  2. Lemahnya pengendalian dan kesadaran diri, sehingga dapat dipengaruhi orang lain terutama untuk mencoba memakai narkoba.
  3. Tidak mau mengikuti aturan, norma atau tata tertib.
  4. Suka mencari sensasi.
  5. Bergaul dengan pengguna narkoba atau penyalahguna obat terlarang.
  6. Penghayatan spiritual dan basik agama yang rendah.
Bapak dan Ibu Guru SMA serta Siswa dan Siswi SMA Bunda Mulia yang tampak serius mendengar pemaparan Bahaya Narkoba.

“Adapun langkah yang harus dilakukan untuk pencegahan narkoba, baik untuk diri sndiri maupun lingkungan pergaulan antara lain seperti melakukan pendekatan antar pribadi, memperkuat iman, sering dialog atau diskusi terarah dan terbuka dengan orang tua dan mempunyai kegiatan positif untuk isi waktu,” paparnya.

Ipda M. Basir pun menjelaskan tentang ciri-ciri pengguna narkoba diantaranya :

  1. Kurus
  2. Jalan sempoyongan
  3. Malas
  4. Sering pakai jaket
  5. Tertawa tanpa sebab
  6. Suka berbohong

“Generasi muda terutama pelajar dan mahasiswa dapat berperan aktif dalam rangka mencegah beredarnya narkoba dikalangan generasi muda, yaitu dengan membangun kesadaran diri,” jelasnya lagi.

Acara itu sendiri dihadiri oleh Kompol Yulia selaku Lantas PMJ, Bapak Sianus Basali Daili Kepala Sekolah SMA Bunda Mulia, Bapak dan Ibu Guru SMA serta Siswa dan Siswi SMA Bunda Mulia.

Reporter : Noferi

Foto : dok/DJP/NF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *