Ditanya Sering Lakukan Rotasi, Bupati Bekasi: Sering Gimana Yah, Tar Dulu Dah, Protes Gua

 

Bupati Bekasi, dr. Hj. Neneng Hasanah Yasin.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, kembali melakukan rotasi pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jumat (23/2/2018). Berdasarkan SK:821.2/Kep.298-BKPPD/2018 tanggal 23 Februari 2018, sebanyak 116 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dirotasi Bupati Neneng. Ditambah dengan 2 ASN yang dipromosikan jabatan melalui hasil Open Bidding (Lelang Jabatan).

Usai melantik 118 ASN, kepada wartawan Neneng mengaku tidak merasa sering melakukan rotasi. Menurut dia, rotasi ini adalah hal biasa bukan karena sering.

“Yang kita lantik tadi (rotasi dan promosi, Red) itu untuk pejabat Eselon II, III dan IV. Sering gimana yah, tar dulu dah, protes gua dah,” kata Neneng kepada awak media usai melantik 118 ASN tersebut.

Lanjut Neneng, pertanyaannya, sering itu orangnya (yang dirotasi) sama atau tidak? Jawabannya kan itu. Hal ini tak akan berpengaruh dengan proses penyerapan anggaran, karena ini kan orang-orangnya berbeda (yang dirotasi.

Kecuali ASN yang sama atau beberapa waktu lalu dirotasi, kemudian dirotasi kembali olehnya, hal itu mempengaruhi terhadap kinerjanya.

“Ini kan berbeda. Kalau baru 3 bulan digeser atau 2 bulan digeser, baru itu ada pengaruhnya. Ini kan orangnya berbeda. Benar enggak, dan memang ini belum dirotasi sebelumnya,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Sekda Kabupaten Bekasi, Uju. Menurut dia, apa yang dilakukan Bupati ini adalah hal biasa. Termasuk dengan 2 pejabat yang mendapatkan promosi melalui Open Bidding.

“Itu sudah jelas hasil dari panitia seleksi hasilnya ada 3 nama. Dan finalnya, adalah hak prerogatif Bupati,” jelasnya.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi masih kosong dan kursinya masih dipimpin Pelaksana Tugas, Slamet Supriyadi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda. Slamet sendiri sebelumnya menduduki kursi Kepala Bappeda.

“Jadi untuk yang kosong itu (kursi Kepala Bappeda, Red) ya bisa dilakukan Open Bidding lagi atau saat nanti ada rotasi lagi. Yang promosi ini kan telah melalui proses seleksi sebelumnya. Jadi telah sesuai aturan,” jelasnya.

Diketahui dua ASN yang dipromosikan melalui Lelang Jabatan, adalah Peno Suyatno yang belum lama ini dirotasi ke Inspektur Pembantu (Irban) II pada Inspektorat Kabupaten Bekasi, dipromosikan di kursi Kepala Dinas Perindustrian dan Iwan Ridwan, menjadi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan).

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *