Bapenda Kab Bekasi : 28 Maret 2018 Jatuh Tempo Pajak Reklame Meikarta

Salahsatu titik reklame Meikarta di arah Exit GT Cibatu yang belum dibayarkan pajak reklamenya.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi menyebutkan sebanyak 50 unit dari 21 jenis reklame milik Meikarta yang belum dibayarkan pajaknya akan jatuh tempo pada tanggal 28 Maret 2018 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pajak Daerah Lainnya, Bapenda Kab Bekasi, Betty Kusumawardhani menjelaskan jumlah total pajak reklame Meikarta yang akan jatuh tempo pada tanggal tersebut sebesar Rp 460 juta.

“Nilai tersebut berdasarkan hasil ukur dan data ulang Bapenda. Jadi yang bersangkutan ada tambahan-tambahan baru dan bertambah nilainya dari Rp300 juta menjadi Rp460 juta,” kata Betty, Rabu (21/3/2018).

Lanjut Betty, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Nilai Sewa Reklsme (NSR), Bapenda akan memberikan sanksi administrasi berupa bunga atau denda sebanyak dua persen sebulan. Apabila setelah diterbitkan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dan melewati batas jelas Betty, akan dikenakan sanksi administrasi.

“Sanksi administrasinya bunga atau denda dua persen sebulan, dihitung dari pajak yang kurang atau terlambat dibayar untuk jangka waktu paling lama 24 bulan, dihitung sejak terhutang pajaknya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan pihak Meikarta sudah mengajukan SKPD dan sudah dibuatkan atau diterbitkan oleh Bapenda. Selanjutnya sambung dia, sanksi lainnya ialah berupa teguran hingga penutupan.

“Kami berharap yang bersangkutan membayar. Kalau tidak, ada sanksi mulai dari teguran pertama, kedua hingga penutupan. Ditutup kain putih atau dikasih stiker belum bayar pajak,” ujarnya.

Diketahui sebanyak 50 unit dari 21 jenis reklame milik Meikarta yang belum dibayarkan pajaknya. Potensi pajak yang belum terbayar setelah dilakukan pendataan oleh Bapenda mencapai sekitar Rp 460 juta dari yang sebelumnya Rp 300 juta.

Adapun ke 21 jenis reklame Meikarta tersebut, diantaranya berada di Maxx Box Orange County, Central Park, Jl. Majapahit, Jl. Sriwijaya, di depan Meadow Green dan Exit GT Cibatu.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *