Zaman Now, Selalu Update dan Online, Tapi Ada Yang Tahu Apa Itu Website ?

Gambar Illustrasi.

Djapos.com – Sebutan ‘Zaman Now’ yang sedang ngetrend adalah sebutan bagi orang-orang yang up-to-date dalam dunia yang makin canggih ini. Dunia digital yang selalu update, membuat kita terus mencari tahu perekembangannya dan cara menggunakannya. Salahsatunya website yang kini dapat dilihat dari tampilan layar handphone canggih ‘Zaman Now’. Lantas ada yang tahu apa itu Website?

Definisi website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain. Lebih tepatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet.

Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Contoh website Dinamis, yaitu web berita atau portal berita.

Website atau sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya. Baik itu bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Website sendiri terbagi menjadi 3 (tiga) macam, yaitu :

1. Website Statis

Adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yaitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.

2. Website Dinamis

Adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit kontent dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.

3. Website Interaktif

Adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.

Contoh website Google yang sudah mendunia.

Lantas apa manfaat Website ‘Zaman Now’ ?

  • Memiliki website untuk usaha, berarti usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor yang belum memiliki website.
  • Meningkatkan brand/prestise perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
  • Melalui website dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
  • Website menampung produk dan informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising terbatas).
  • Media Advertising (koran, tabloid, brosur) hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi lebih banyak melalui website Anda.
  • Produk dan informasi akan terpublikasi ke seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal saja).
  • Sebagai tempat penjualan (Showroom) 24 jam selain toko nyata.
  • Website adalah investasi super murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa ruko, bayar listrik, bayar karyawan, telpon, dll.
  • Memudahkan pelanggan menghubungi, dan mendapatkan informasi produk dan jasa.
  • Mendapatkan Pelanggan Baru setelah melihat informasi yang menarik  ada diwebsite.
  • Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan.

 

*Dikuti dari berbagai sumber*

 

Reporter : RDI, Dhani

Foto : dok/DJP/RDI/RDI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *