Pjs Walikota Bekasi Buka TMMD Ke 101 Kodim 0507/Bekasi

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi,Rudi Gandakusumah di dampingi Anggota TNI mengecek personil pada pembukaan TMMD ke 101 yang di laksanakan Kodim 0507/Bekasi, Rabu (04/4/2018) di lapangan kantor kecamatan Bekasi Utara.

Bekasi Kota, Djapos.com – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi, Rudi Gandakusumah resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0507/Bekasi di wilayah Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Rabu (04/4/2018).

Kodim 0507/Bekasi dalam TMMD ke 101 pada 2018 ini akan merenovasi 5 unit rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan melakukan pembenahan infrastruktur jalan lingkungan yang ada kelurahan Kaliabang Tengah, kecamatan Bekasi Utara.

Pjs Wali Kota Bekasi, Rudi Gandakusumah mengatakan, Pemkot Bekasi dan TNI tidak dapat dipisahkan. Pada tahun ini pelaksanaan TMMD di Kota Bekasi fokus menangani rumah warga yang tidak layak menjadi layak huni. Selain itu, pembenahan infrastruktur menjadi target pelaksanaan TMMD ke 101 yang dilakukan Kodim 0507/Bekasi.

“Infrastruktur merupakan salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan pemerataan pembangunan di daerah dalam upaya pencapaian sasaran dan tujuan pembangunan tersebut,” kata Rudi saat membuka TMMD ke 101 oleh Kodim 0507/Bekasi, Rabu (04/4/2018) di lapangan kecamatan Bekasi Utara.

Rudi melanjutkan, Pemkot Bekasi akan terus mendukung pelaksanaan TMMD. Hal itu adalah bentuk dukungan dan kerjasama yang baik antara pemerintah TNI/POLRI, masyarakat dan stakeholder terkait lainnya.

“Dalam proses itu, selaku pejabat kepala daerah, Saya menyadari bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan maupun pemangku kepentingan akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan di daerah tercapainya tujuan pembangunan nasional yaitu terwujudnya masyarakat adil makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Masih menurut Rudi, pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk menggali potensi potensi kemandirian juga diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kewirausahaan yang kompetitif serta meningkatkan roda perekonomian Kota Bekasi.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, kegiatan TMMD ini sejalan dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 di mana dalam pelaksanaan tugas urusan pemerintahan umum kepala daerah dibantu oleh instansi vertikal. Oleh karenanya melalui kegiatan TMMD yang diselenggarakan oleh TNI sangatlah relevan dan kontekstual dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah saat ini,” paparnya lagi.

Selain itu, kata dia, program TMMD ini juga sejalan dengan visi Kota Bekasi yang maju sejahtera dan ihsan sehingga kegiatan TMMD ini diharapkan dapat bersinergi dalam percepatan pembangunan infrastruktur di segala bidang yang sedang kita laksanakan. Adapun tema kegiatan TMMD pada tahun ini adalah dengan semangat sinergitas kita tingkatkan kemanunggalan TNI rakyat guna percepatan pembangunan di daerah dalam rangka keutuhan NKRI.

“Manunggal berarti menjadi satu dalam sikap dan tingkah laku sehingga tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya, kemanunggalan TNI bersama masyarakat dan pemerintah Kota Bekasi sudah terjalin. Dan, sampai saat ini di mana sinergitas yang tercipta tertuang dalam bentuk kegiatan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana lingkungan baik yang dilaksanakan secara swadaya masyarakat maupun pelaksanaan program-program pemerintah,” sambung Rudi.

Selain itu, lanjut Rudi, kemanunggalan juga terjalin dalam kerjasama menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kota Bekasi hari ini menggambarkan bahwa program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah daerah dan masyarakat terjalin dengan tujuan untuk memupuk dan menumbuhkembangkan sikap kemandirian dan meningkatkan motivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pembangunan.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah menyampaikan kebahagiaan dan kebanggaan atas pelaksanaan kegiatan TMMD reguler ke 101 tahun 2018 ini. Di mana, pada tahun ini kegiatan TMMD dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara yang akan dimulai sejak 04 April dan berakhir pada 03 Mei 2008.

“Kagiatan TMMD dilaksanakan melalui pembangunan fisik dan nonfisik. Pembangunan fisik hasil nyata yang akan dibuat adalah membangun 5 titik prasarana Jalan perbaikan dan pengecoran Jalan lingkungan dan merenovasi 5 unit Rutilahu. Semua kegiatan di wilayah Kelurahan Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara,” tutup Rudi.

 

Reporter : ANDREW

Foto : dok/DJP/AND

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *