Banyak Regulasi yang ‘Ditabrak’, FS Pembangunan Gedung Pusat Perkantoran Pemkab Bekasi 16 Lantai Bagaimana?

Pusat perkantoran Pemkab Bekasi terlihat megah. Di kawasan ini (belakang gedung Bupati) rencananya akan di bangun gedung 16 lantai, meskipun gedung yang ada saat ini sudah megah.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Batalnya Pembangunan Gedung Pusat Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi 16 lantai tahap I yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kab Bekasi tahun 2018, dengan pagu mencapai Rp 100.993.925.000 karena beberapa mekanisme perasyaratan yang belum terpenuhi.

Diduga salahsatu penyebabnya adalah karena perencanaan yang tidak matang dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab Bekasi ditambah ketidak jelian Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kab Bekasi yang menyetujui tim anggaran Pemkab Bekasi ketika menyodorkan perencanaan dan anggaran pembagunan gedung 16 lantai tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan Plh Kepala Bappeda, Slamet Supriadi tidak memberikan jawaban ketika djapos.com mencoba mengkonfirmasi melaui telepon seluler, Sabtu (07/4/2018) terkait Studi Kelayakan atau Feasibility Study (FS) Pembangunan Gedung Perkantoran Pemkab Bekas 16 lantai.

Pertanyaan yang sama juga coba ditanyakan ke Slamet Supriadi melalui pesan aplikasi Whats Up. Namun Slamet tidak menjawab meski sudah membaca pertanyaan yang diajukan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab Bekasi, Jamaludin membeberkan batalnya pembangunan gedung 16 lantai disebabkan terkendala beberapa persyaratan kelengkapan dokumen yang belum terpenuhi. Namun ia tidak merinci apa saja persyaratan yang belum terpenuhi.

“Sesuai peraturan perundang-undangan dalam penyelenggaraan pembangunan gedung Negara ada beberapa mekanisme persyaratan yang harus ditempuh Pemerintah baik secara administratif maupun teknis. Diantaranya belum ada moratorium keuangan dengan Menteri Keuangan dan rekomendasi dari Gubernur. Selain itu harus mendapat persetujuan dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU) karena gedung yang akan dibangun lebih dari 8 lantai,” kata Jamaludin kepada awak media, Kamis (05/4/2018) lalu.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

 

Berita Sebelumnya :

PPK Proyek Pembangunan Gedung Pusat Perkantoran Pemkab Bekasi 16 Lantai Digugat Rp 100 Miliar

Pembangunan Gedung Perkantoran Pemkab Bekasi 16 Lantai Batal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *