Pembebasan Lahan Tol Cibici Capai 67 Persen

Agus, Kasie Pengadaan BPN Kabupaten Bekasi didampingi Ketua PPK Kementerian PUPR Dodit Dimas sedang layani pembayaraan uang ganti untung kepada warga yang menerima pembesaan lahan tol Cibitung-Clincing (Cibici).

Cikarang Selatan, Djapos.com –  Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia kembali melakukan pembayaran terhadap lahan milik warga. Sebanyak 40 bidang lahan milik warga dari enam desa berbeda diantarannya, Desa Gandasari, Muara Bakti, Buni Bakti, Segara Jaya, Wanasari dan Sri Jaya untuk pembebasan Lahan Tol Cibitung Cilincing (Cibici) di Kantor BRI Cikarang Selatan.

Ketua PPK Penggadaan Lahan Kementrian PUPR, Dodit Dimas mengatakan, pembayaran untuk hari ini 40 bidang dengan nilai sekitar Rp.50 miliar dan luas tanah yang di bebaskan sekitar 3.9 hektar. Untuk per hari ini progres dari Kemen PUPR 67 persen dari bidang 2800 bidang yang harus dibebaskan itu sudah di bebaskan sekitar 1800-an.

“Pembayaran dilakukan untuk percepatan pembebasan lahan guna mempercepat pembangunan insfratrukturnya, sudah 67 persen yang sudah di bebaskan, kami tetap kebut 900 bidang sisanya,” ujarnya saat di wawancarai, Kamis (26/4/2018).

Menurutnya, persoalan warga menolak, itu salah satu yang termasuk konsinyasi karena waktu di bulan Februari akhir memberikan surat peringatan kepada mereka bahwa masa 14 hari sejak musyawarah sudah habis. Apabila tidak memvalidasi atau tidak memberi berkas ke BPN dana nya akan di titip ke pengadilan.

“Guna mengejar target tersebut memang diantara lain, pertama ; kita akan melakukan langkah konsinyasi ini untuk bidang-bidang yang pertama sudah ada putusan pengadilan, kedua ; mereka tidak memberikan respon jadi kami tidak bisa memvalidasi (tidak memberi berkas) sejak 14 hari sejak penawaran. Dan akan ada perbaikan data bangunan dan luas segera di perbaiki,” pungkasnya.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *