Letkol Mar Wempi Jabat Komandan Baru Pangkalan Angkatan Laut Simeulue Aceh

Komandan Baru Pangkalan Angkatan Laut Simeulue Aceh, Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Wempi M Tr. Hanla saat disambut Bupati Simeulue Erly Hasyim, SH, S.Ag, M.I.Kom dengan acara adat.

Simeulue, Djapos.com – Pangkalan Angkatan Laut Simeulue dibawah naungan Pangkalan Utama Angkatan Laut I Belawan dijabat Komandan yang baru, yakni Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Wempi M Tr. Hanla. Dimana sebelumnya dijabat Letkol Mar Idha Mohammad Basri, SE yang kini mendapatkan jabatan baru di Akademi Angkatan Laut Surabaya.

Dengan menggunakan armada komersial pesawat Wing Air ATR 72-500 Letkol Mar Wempi M Tr. Hanla tiba dibandara Lasikin Kecamatan Teupah Tengah disambut oleh unsur Forkompimda Simeulue yang selanjutnya menuju Pendopo Bupati Simeulue guna dilakukan siraman teupung tawar atau peusejuk terhadap Komandan Angkatan Laut Simeulue, Rabu (25/4/2018).

Bupati Simeulue Erly Hasyim, SH, S.Ag, M.I.Kom dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Komandan Angkatan Laut Simeulue Bapak Letkol Mar Wempi M Tr. Hanla di Kabupaten Simeulue.

“Semoga nantinya Komandan Pangkalan Angatan Laut Simeulue yang baru bisa mengajak relasi-relasi untuk bisa kelola alam kita dapat berinvestasi guna beri nilai tambah bagi masyarakat Kabupaten Simeulue ini,” kata Bupati Erly Hasyim.

Lanjut Bupati Erly, bahwa masyarakat nelayan yang ada di Kab Simeulue sebagian besar masih nelayan tradisionil. Sehingga banyak ikan dikuras nelayan dari luar dengan alat tangkap yang modern.

“Kab Simeulue mempunyai alam terutama teluk-teluk yang indah, jenis dan kualitas rumput laut yang bagus, akan tetapi pengelolaan terbatas dari segi pasar dan tekhnologi pembudidayaan,” ujarnya.

Bupati Erly juga berharap Komandan Pangkalan Angkatan Laut Simeulue dapat mengajak relasinya untuk bisa kelola potensi alam, agar dapat berinvestasi guna beri nilai tambah bagi masyarakat Simeulue.

“Pernah ada kunjungan investor asing lalu saya tawarkan dua bidang saja yaitu bidang pariwisata dan bidang perikanan. Namun dengan syarat jangan membawa tenaga kerja dari luar, tetapi gunakan tenaga kerja yang ada di Kab Simeulue agar dapat menyerap sumber daya manusia di Simeulue,’ sambungnya lagi.

Rencananya pada bulan Desember 2018 mendatang akan dilaksanakan Event Surfing Internasional di Kab Simeulue,  sehinga nantinya Komandan Angkatan Laut dapat memberi dukungan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Komadan Angkatan Laut Simeulue Bapak Letkol Mar Wempi M, Tr. Hanla dalam sambutannya mengatakan, bahwa dia berterima kasih kepada Bupati Simeulue beserta jajaranya. Yaitu atas penyambutan yang sangat baik dan secara kekeluargaan sehingga nantinya dapat bersenegeritas dengan pemerintah daerah dan masyarakat di Kab Simeulue.

“Sebelum ke Kab Simeulue, saya sudah mencari tahu situasi, keadaan serta potensi Kab Simeulue. Diantaranya jumlah penduduk yang mencapai sekitar ± 95.000 jiwa dan potensi alam yang ada. Selanjutnya berencana melakukan survei keliling dengan armada Sea Reader untuk melihat potensi bidang maritim serta masyarakat nelayan di Kab Simeulue,” kata Letkol Mar Wempi.

Lebih lanjut Letkol Mar Wempi berharap, agar dapat untuk diterima sebagai warga Kab Simeulue, bila ada langkah kami sekeluarga atau anggota yang membuat masyarakat tidak nyaman mohon ditegur dan diingatkan.

“Mohon beri kami masukan agar untuk ciptakan iklim yang kondusif dan saling keterbukaan serta keikhlasan untuk menerima kami dan segenap prajurit serta berikan saran kepada kami apa yang bisa kami bantu untuk kemajuan pembangunan di Kab Simeulue,’ tutup Letkol Mar Wempi.

Sebelumnya Komandan Angkatan Laut Simeulue, Letkol Mar Wempi, M, Tr. Hanla melaksanakan Entry Briefing kepada para Perwira Staf dan anggota Lanal Simeulue beserta keluarga di gedung Malahayati Mako Lanal Simeulue Desa Lugu Kecamatan Simeulue Timur. Inti arahan, agar seluruh prajurit senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan, bersama warga masyarakat senantiasa selalu dekat dan menjaga suasana dan lingkungan yang kondusif.

Hadir dalam acara penyambutan Komandan Pangkalan Angkatan Laut Simeulue Letkol Mar Wempi, M, Tr. Hanla tersebut antaralain, Bupati Simeulue Erly Hasyim, SH, S.Ag. M.I. KOM, Dandim 0115 Simeulue Letkol Inf Awang Danuarto S.Sos, Kapolres Simeulue AKBP Ayi Satya Yudha, SIK. M. Si, Ketua DPRK Simeulue Ibu Murniati, S.E, Perwakilan Kajari Simeulue, Unsur Forkopimda Kabupaten Sumeulue serta para SKPK/SKPD dalam Kabupaten Simeulue.

 

Reporter :ANDREW

Foto : dok/DJP/AND

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *