Naik Peringkat, Pemkab Bekasi Dapat LPPD Sangat Tinggi

Kabag Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah Kab. Bekasi, Edward Sutarman.

Cikarang Pusat, Djapos.com –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mendapat peringkat ke 27 dari 397 Kabupaten di Indonesia dengan predikat nilai sangat tinggi atau sebesar 3,3898 atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD)  tingkat nasional Tahun 2016. Hal itu diungkapkan Kabag Humas dan Protokol, Edward Sutarman, Jumat (27/4/2018).

“Peringkat yang diraih lebih baik dari Penilaian LPPD dua tahun sebelumnya dimana Kabupaten Bekasi pada Tahun 2014 menempati peringkat ke 60 dengan nilai 3,1379 dan Tahun 2015 menempati peringkat ke 36 dengan nilai 3,2832 yang kesemuanya termasuk predikat nilai Sangat Tinggi,” kata dia.

Lanjut Edward, pengumuman penyerahan penghargaan diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada acara Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/4/2018) lalu. “Ini menjadi rangkaian Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-22 2018,” ujarnya.

Dirinya mengutip Sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo bahwa terdapat tiga hal yang harus menjadi perhatian bersama, yaitu integritas, tata kelola pemerintahan yang baik dan peningkatan kesejahteraan rakyat, pada acara berajuk ‘Mewujudkan Nawa Cita melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang bersih dan Demokratis’ itu.

Mantan Camat Sukakarya ini menjelaskan sebagaimana yang tercantum dalam UU Nomor 23 Tahun 2014, bahwa bahwa Kepala Daerah memiliki kewajiban untuk menyampaikan LPPD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk Gubernur dan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur untuk Bupati/Walikota.

“Selanjutnya LPPD yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada pemerintah setiap tahun dilakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) sesuai pasal 16 Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2008 yang menyebutkan bahwa LPPD merupakan sumber informasi utama untuk melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” ucapnya.

Masih menurut Edward, tujuannya evaluasi untuk  mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dari hasil yang telah direncanakan. “Memberikan Apresiasi,  penetapan peringkat kinerja dan memberikan rekomendasi bagi daerah untuk mendorong peningkatan kinerja,” sambung dia.

Untuk diketahui peraih peringkat 10 besar atas perolehan nilai LPPD dilakukan pemberian penghargaan secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ/HUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *