Praja IPDN Bersinergi dengan TNI dan Pemkab Bekasi Lakukan Operasi Bersih Kali

Dengan menggunakan alat berat, anggota TNI beserta praja IPDN dan Pemkab Bekasi membersihkan kali yang terlihat banyak tumpukan sampah.

Sukatani Djapos.com –  Ratusan Praja IPDN bersama puluhan personel TNI dari Kodim 0509/Bks, jajaran Aparatur Desa dan Kecamatan Sukatani melaksanakan kegiatan Pembersihan Kali Sukatani.

Kegiatan diawali dengan apel persiapan yang dipimpin oleh Kasdim 0509/Bks Mayor Arm. Agus Tritunggal yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Sukatani.

Menurut Mayor Agus, Operasi Bersih kali ini sengaja dipusatkan di Kali Sukatani dekat dengan kantor Desa Sukamulya. Ha ini dikarenakan keadaan sampah di Kali tersebut sangat memperihatinkan dan dipenuhi dengan sampah yang begitu menumpuk.

Hal tersebut kata dia, tentunya sangat menganggu aktifitas persawahan yang ada di sekitaran Kali. Apalagi menghadapi musim kemarau yang akan datang sehingga para petani bisa mengairi sawahnya tanpa harus melakukan pompanisasi.

“Kegiatan bersih kali ini bertujuan untuk membebaskan aliran air yang terhambat dari sampah sampah dan eceng gondok sehingga dapat membantu masyarakat khususnya petani yang membutuhkan aliran air untuk persawahannya” ucap Agus saat diwawancarai, Mingu (07/5/2018) kemarin.

Agus menambahkan, setelah Kali dibersihkan dia berharap bahwa masyarakat sekitar juga dapat turut menjaga kebersihan Kali tersebut. Ia berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan sehingga dapat menyebabkan sampah sampah kembali menumpuk lagi di Kali.

“Kita melihat dikanan kiri masyarakat disekitaran menggunakan aliran Kali ini untuk keperluan sehari-hari. Seperti mencuci pakaian bahkan untuk mandi, sehingga masyarakat perlu untuk menjaga kebersihan Kali secara bersama-sama,” ujarnya.

Kegiatan operasi bersih Kali ini merupakan hasil sinergi dari Pemkab Bekasi melalui Dinas Lingkunga Hidup, Perum Jasa Tirta, IPDN dan TNI serta Polri.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *