Pemkab Bekasi Akan Lelang Jabatan Kepala Bappeda, Bareng Dinas Lain yang Masuk Masa Pensiun

Mutasi dan Rotasi Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Bekasi beberapa waktu lalu.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berencana melakukan lelang jabatan (Open Bidding) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengembangan dan Kapasitas Kepegawaian pada Badan Pendidikan Pelatihan Kepegawaian Daerah (BPPKD) Kabupaten Bekasi, Iis Wahyudianto.

Selain itu, kata Iis, kekosongan beberapa jabatan Kepala Dinas yang ditinggal pensiun pada pertengahan tahun 2018 ini juga akan dilakukan penyesuaian atau diisi.

“Mungkin nanti kalau ada arahan dari pimpinan (Bupati-red), bisa jadi pelaksanaan pengisian jabatan Bappeda dilakukan berbarengan Open Bidding dengan jabatan dinas yang ditinggal pensiun,” ujarnya, selasa (22/5/2018).

Masih menurut Iis, pengisian jabatan eselon II  atau jabatan tinggi pratama wajib dilakukan Open Bidding. Hal itu kata dia setelah dilakukan konsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Jadi jabatan yang spesifikasi seperti jabatan kepala BPPKD hanya dilakukan rolling jabatan saja berdasarkan putusan pimpinan. Dalam arti apabila sebelumnya berasal dari jabatan Kesbangpol ketika masuk BPPKD maka jabatan Kesbangpolnya yang di Open Bidding,” terangnya.

“Berdasarkan spesifikasi khusus jabatan sebagaimana ketentuan KASN soal penempatan jabatan bahwa tidak semua jabatan di lakukan lelang, dan kalau bisa jabatan itu bukan di isi oleh ASN yang berasal dari promosi jabatan,” lanjut dia.

Pertimbangan senioritas serta wawasan luas yang di miliki eselon II, tambah Iis, menjadi aturan dalam penempatan jabatan. “Yang namanya jabatan tinggi pratama itu tetap harus melalui Open Bidding. dan hal tersebut bisa dibuka melalui seleksi atau rotasi jabatan,” ucapnya.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *