Jelang Asian Games, Pj Gubernur Jabar Puji Kesiapan Stadion Wibawa Mukti

PjGubernur Jawa Barat M Iriawan didampingi Bupati Bekasi dr. Hj. Neneng Hasanah Yasin beserta jajaran Disbudpora Kabupaten Bekasi meninjau langsung Stadion Wibawa Mukti di Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/7/2018).

Cikarang Timur, Djapos.com – Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan didampingi Bupati Bekasi dr. Hj. Neneng Hasanah Yasin beserta jajaran Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi meninjau langsung Stadion Wibawa Mukti di Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Senin (16/7/2018).

Menurut Iriawan, Stadion Wibawamukti dinyatakan siap menjadi tuan rumah babak penyisihan Cabang Olahraga Sepakbola Grup D Asian Games yang akan diselenggarakan Agustus 2018.

“Kalau dibandingkan stadion lain pasti ada perbedaan, beda-beda karakter tapi ini jauh lebih siap saya lihat, setelah ini saya mau ke Jalak Harupat dan Gelora Bandung Lautan Api di Bandung. Sementara hasil pemantauan saya ini paling siap,” ucap mantan Kapolda DKI Jakarta ini.

Secara umum, Iriawan memuji rumput Stadion Wibawa Mukti yang dianggap setara dengan rumput Stadion berstandar FIFA (Federation of International Football Association) karena menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella atau dikenal dengan rumput Manila lebih siap dibandingkan Stadion Patriot tadi, apalagi rumputnya. Rumput Manila juga tengah dipakai di Piala Dunia 2018 Rusia karena dianggap terbaik digunakan untuk lapangan sepakbola. Fasilitas lainnya juga sudah oke,” katanya.

Masih menurut Iriawan, Stadion Wibawa Mukti tinggal memerlukan finishing sekitar dua sampai tiga persen saja sehingga dinyatakan siap menggelar turnamen selevel Benua Asia tersebut, diantaranya pengecetan dan perbaikan plafon.

“Sebetulnya tugas Kementerian tapi saya bersyukur Bupati Bekasi sendiri yang langsung menghandlenya, seperti apa yang diminta Inasgoc beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengatakan pada prinsipnya segala perbaikan tengah dikebut sebagai komitmen pemerintah daerah dalam menyukseskan Asian Games 2018 mendatang.

Di sisa waktu yang ada Neneng memastikan Pemerintah Kabupaten Bekasi akan mensupport kebutuhan-kebutuhan lain yang diperlukan pihak penyelenggara termasuk persoalan kebersihan.

“Nanti akan ada kunjungan lagi dari pak Iriawan dan juga Inasgoc di awal Agustus. Pokoknya di rentang waktu itu banyak yang akan kita kerjakan termasuk perapihan atau pengecetan ulang sejumlah bangunan meskipun tidak banyak. Insya Allah akhir Juli ini sudah bisa selesai semua,” katanya.

Neneng melanjutkan saat ini Stadion Wibawa Mukti juga telah didukung pencahayaan megah dari lampu FOP berkualitas sebesar 2.000 lux, dialiri listrik dengan kapasitas daya sambung hingga 1.110 kilo Volt Ampere (kVA), Media Center dengan fasilitas jaringan internet super kencang, dan penambahan 25 kursi tribun media.

“Untuk memudahkan akses jalur penonton, kita sudah mencopot 3.000 bangku stadion, toilet dan plafond juga kita perbaiki sesuai standar FIFA, tiang gawang baru juga sudah sesuai standar FIFA,” katanya.

Selain di Stadion Wibawa Mukti babak penyisihan grup cabor sepakbola juga akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor dan Stadion Si Jalak Harupat Kota Bandung pada Agustus 2018 mendatang.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *