Masalah Tekhnis dan Sarana Perlu Evaluasi, Komisi IV DPRD Kab Bekasi : Pelaksanaan PPBD Online Sudah Cukup Bagus

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatma Hanum.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum menilai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di wilayah Kabupaten Bekasi pada tahun 2018 ini sudah cukup bagus.

“Dinas Pendidikan (Disdik, red) sudah cukup intens dengan Komisi IV. Kita lihat kesiapannya sudah cukup bagus, misalnya mereka membuat aturan-aturan yang mungkin untuk menghindari atau menekan permasalahan salah satunya dengan menyediakan ruang untuk zonasi dimana ada tambahan untuk Rt, Rw, Desa sama Kecamatan. Itu sudah cukup bagus,” kata Fatma Hanum, Senin, (16/7/2018).

Meski demikian, politikus wanita dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini terus berupaya dengan meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi untuk terus memperbaiki dan menekan permasalahan yang terjadi selama ini.

“Sebenarnya dari sisi aturan sudah cukup menekan permasalahan yang selama ini ada. Jadi protes-protes agak terkurangi. Nah mungkin yang perlu diperbaiki masalah tekhnis, justru ya, seperti masalah server yang gak siap. Itu kan masalah-masalah tekhnis ya, sarana yang semestinya dari segi kualitas harus diperbaiki,” ucapnya.

Masih kata Fatma, masalah tekhnis tentunya sangat menganggu pelaksanaan PPDB online. Selain itu tambah dia, permasalahan lainnya yaitu masih banyak masyarakat yang belum mengerti tekhnologi.

“Masyarakat kan masih banyak yang gagap tekhnologi gitu kan, nah mereka masih bingung. Nah sekolah ketika ditemukan masalah masih lumayan ada yang angkat tangan. Ini yang harus dipersiapkan perbaikanya,” ujarnya.

Komisi IV DPRD Kabupaten sendiri lanjut dia, di tahun 2018 ini melihat berkuranganya laporan atau keluhan masyarakat dibandingkan pelaksanaan PPDB online sebelumnya.

“Sejauh yang saya alami berkurang sih laporanya. Kalaupun ada laporan itu lebih kepada kita harus memberikan penjelasan zonasi. Kita juga mengarahkan tidak ada lagi sistem sekolah favorit kan. Kita menilainya evaluasi yang utama adalah sarananya dan kesiapan pengadaannya, yang ternyaya tidak diperhitungkan,” jelasnya.

Komisi IV sendiri lanjut Fatma, belum melakukan rapat kerja dengan Disdik pasca pelaksanaan PPDB online yang sudah dilaksanakan. “Secara resmi kita belum mengadakan rapat resmi ya terkait evaluasi PPDB, tapi sebentar lagi kita akan mengarah kesana,” ucapnya.

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *