Satu Parpol Tidak Daftar Bacaleg ke KPU Kab Bekasi

 

Kedungwaringin, Djapos.com – Hingga batas akhir pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Politik (Parpol), Selasa (17/7/2018) pukul 24.00 WIB ditutup, terdapat salahsatu Parpol yang tidak mengajukan atau mendaftarkan dokumen Bacaleg sebagai peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Idam Holik mengatakan Tanggal 17 Juli 2018 jam 24:00 adalah batas akhir pengajuan dokumen Bacaleg dari Parpol peserta Pemilu 2019.

“Hal ini dituangkan dalam Peraturan KPU RI No. 20 Tahun 2018 juncto Keputusan KPU RI No. 876/PL.01.4-Kpts/06/KPU/VII/2018 dan Peraturan KPU RI No. 5 Tahun 2018,” ucapnya.

Lanjut Idam, dari 16 Parpol hanya satu Parpol yang tidak mendaftarkan Bacalegnya. “Hanya PKP Indonesia yang tak mengajukan dokumen bacalegnya ke KPU Kabupaten Bekasi,” kata Idam, Rabu (18/7/2018).

Saat ditanya dengan tidak mengajukan Bacaleg ke KPU Kabupaten Bekasi, apakah PKP Indonesia gagal mengikuti Pileg 2019? Menurut dia, Bacaleg dari partai tersebut tidak akan ikut serta dalam Pemilu Legislatif 2019.

“Iya mas, khusus Pemilu Legislatif, anggota DPRD Kabupaten Bekasi tahun 2019. Tidak memiliki daftar Caleg tetap ya Mas. Nanti di surat suara hanya ada lambang dan nama partai tanpa ada daftar nama Caleg di bawahnya. Ini berdasarkan pengalaman di pemilu-pemilu sebelumnya, biasanya demikian. Nanti di adanya Peraturan/Keputusan tentang surat suara. Jika tida ada perubahan,” terangnya.

Masih kata Idam,15 Parpol yang telah mendaftarkan Bacalegnya diantaranya adalah PKB, PKS, Demokrat, PAN, NasDem, Berkarya, PSI, Golkar, Perindo, Gerindra, PDI Perjuangan, PPP, Hanura, PBB dan Garuda. Berkas pendaftaran bacaleg ke 15 partai politik tersebut selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh KPU Kabupaten Bekasi.

“Saat ini, (berkas bacaleg,red) masih tahap penelitian dan selanjutnya akan masuk ke tahap verifikasi. KPU Kabupaten Bekasi akan merilis DCS paling lambat 12 Agustus 2018,” kata dia.

Untuk diketahui, sesuai  ketentuan, setiap Parpol di Kabupaten Bekasi wajib mendafttarkan 50 orang Bacaleg dari enam Daerah Pemilihan (Dapil) sesuai alokasi kursi.

  • Dapil I meliputi Kecamatan Cibarusah, Bojongmangu, Setu, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat dan Serang Baru tersedia 10 kursi.
  • Dapil II meliputi Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat tersedia 7 kursi.
  • Dapil III meliputi Kecamatan Tambun Selatan tersedia 8 kursi.
  • Dapil IV meliputi Kecamatan Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang dan Tambun Utara tersedia 10 kursi.
  • Dapil V meliputi Kecamatan Kedungwaringin, Sukakarya, Kedungwaringin, Cabangbungin dan Muaragembong tersedia 7 kursi.
  • Dapil VI meliputi Kecamatan Cikarang Timur, Cikarang Utara dan Karang Bahagia tersedia 8 kursi.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *