Keren! Sungai Cibeet Jadi Tempat Upacara HUT RI Ke-73

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang digelar dibantaran Sungai Cibeet di Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Cikarang Timur, Djapos.com – Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun bukan hanya di lapangan saja, tetapi bisa dilakukan di berbagai tempat.

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi yang menamakan diri Serdadu Komunitas Cibeet (Sekoci).

Mereka menggelar upacara di tepi Sungai Cibeet, Jumat (17/8/2018) pagi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes kepada Pemerintah Daerah terkait minimnya perhatian terhadap pencemaran sungai di wilayah Kabupaten Bekasi.

Ketua Dewan Pembina Sekoci, Gunawan mengatakan, upacara itu dilakukan sedianya untuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dimana mereka telah mengorbankan jiwa raga mereka, oleh karena itu sebagai generasi muda wajib menghargainya.

Upacara itu juga dilakukan sebagai momentum mendesak Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun stakeholder agar lebih peduli terhadap aliran sungai khususnya Sungai Cibeet.

“Sudah selayaknya seluruh pihak peduli terhadap sungai karena merupakan sumber kehidupan. Jika sungai rusak dan tercemar maka kehidupan manusia yang bergantung dengan air akan terganggu,” kata Gunawan.

Gunawan menambahkan, perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bekasi juga masih minim terhadap komunitas-komunitas yang peduli terhadap aliran sungai.

“Semestinya kehadiran komunitas yang ada didukung, karena sebagai komunitas telah melakukan berbagai upaya dalam membersihkan dan menjaga aliran sungai,” ujarnya.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *