Gelaran Deklarasi Damai KPU Besok, Dari Karnal Hingga Baca Ikrar

Pasang Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno saat mengikuti Rapat Pleno Pengundian dan Penetapan Nomor Urut yang diselenggarakan oleh KPU RI, Jum’at (21/9/2018).

Jakarta Pusat, Djapos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar aksi Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 dengan di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Minggu (23/9/2018) besok.

Menurut Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, acara deklarasi akan diawali dengan karnaval jalan kaki sepanjang 3 kilometer di silang Monas. Karnaval itu sendiri akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Pasang Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapatkan Nomor Urut 1, pada Rapat Pleno Pengundian dan Penetapan Nomor Urut yang diselenggarakan oleh KPU RI, Jum’at (21/9/2018).

Masih menurut Wahyu, akan ada beberapa kegiatan acara yang diselenggarakan didalam Monas. Antaralain orasi dari Ketua KPU Arief Budiman dan juga pembacaan ikrar serta penandatanganan prasasti Deklarasi Kampanye Damai oleh peserta pemilu. Yaitu pasangan Capres dan Cawapres, parpol peserta pemilu 2019 dan calon DPD.

“Dalam gelaran aksi deklarasi tersebut, seluruh peserta pemilu baik itu pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Partai Politik (Parpol) peserta pemilu dan Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPD DKI Jakarta akan melakukan kampanye damai,” kata Wahyu di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Sabtu (22/9/2018).

Selain itu, lanjut Wahyu, saat karnaval rombongan pendukung akan dibatasi hanya 100 peserta dan diminta mengenakan pakaian adat Indonesia. “Peserta pemilu yang ikut karnaval boleh membawa anggota rombongan maksimal 100 orang. Mengenakan pakaian adat Indonesia untuk menghiasi karnaval,” ujarnya lagi.

Pasang Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan Nomor Urut 2, pada Rapat Pleno Pengundian dan Penetapan Nomor Urut yang diselenggarakan oleh KPU RI, Jum’at (21/9/2018).

Demi menjaga ketertiban, KPU melarang para pendukung membawa atribut sendiri dan akan menyediakan atribut bagi para pendukung berupa logo parpol, bendera merah putih dan bendera parpol. Dalam hal ini juga KPU juga bekerja sama dengan aparat Kepolisian dan Paspampres agar acara berjalan lancar dan aman.

 

Reporter : R415, Sun

Foto : dok/DJP/R415/Sun/KPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *