Lapas Cikarang Razia Kamar Napi

Sejumlah barang ilegal yang berhasil diamankan Lapas Cikarang dari kamar warga binaan.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang gelar razia mendadak kamar-kamar warga binaan, Sabtu (29/0/2018). Razia juga melibatkan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi beserta Polres Metro Bekasi dengan sasaran barang ilegal yang berada di kamar warga binaan.

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta mengatakan tujuan sidak kali ini untuk mengantisipasi peredaran barang terlarang di kamar-kamar penghuni Lapas seperti narkoba, ponsel, senjata tajam, serta barang lain yang tidak boleh ada secara aturan standar kamar hunian warga binaan. “Ini sebenarnya hal yang rutin kita lakukan namun kali ini diaksanakan oleh tiga instansi sekaligus,” katanya.

Terang Kadek, hasil sidak didapati tiga unit ponsel serta sejumlah senjata tajam ukuran kecil hasil buatan warga binaan, kabel dan cas ponsel, rokok elektronik, kartu remi, alat masak rakitan, dan benda logam lainnya.

“Barang-barang sitaan itu kita kumpulkan dan musnahkan seperti apa yang sudah kita lakukan sebelumnya dan bagi pemiliknya akan kita berikan sanksi tergantung dari pelanggaran yang dilakukan,” ucapnya.

Salahsatu kamar di blok B Lapas Cikarang yang dirazia Lapas Cikarang.

Dikatakan Kadek, kegiatan ini juga untuk mencegah peredaran narkoba di Lapas melalui ponsel yang berpotensi dapat mengundang barang haram tersebut.

“Keberadaan ponsel ini yang menjadi salah satu prioritas kami. Karena lewat alat komunikasi ini warga binaan bisa mengendalikan peredaran narkoba, makanya kita terus lakukan pembersihan empat bahkan lima kali dalam seminggu,” katanya.

Kadek menyadari mayoritas warga binaannya berasal dari kasus narkoba. Dari 1.644 warga, 937 di antaranya terjerat kasus narkoba. “Bahkan kita pernah kerjasama dengan BNN Provinsi Jawa Barat untuk mengungkap kasus narkoba dan atas raihan itu kita dapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM,” katanya.

Koordinator bidang pencegahan BNK Kabupaten Bekasi Jumarwan menambahkan dari hasil sidak hari ini tidak ditemukan sel warga binaan yang kedapatan menyimpan narkoba. “Alhamdulillah bersih, tidak ditemukan satu pun barang haram tersebut. Minggu kemarin kami juga sudah lakukan tes urine ke warga binaan di sini,” katanya.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *