Wow! Anggaran Pansus 29 yang ‘Plesiran” ke Bali Rp 1 Miliar

Kantor DPRD Kabupaten Bekasi yang berada di Pusat Perkantoran Pemkab Bekasi.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi mengalokasikan anggaran sebesar 1 miliar rupiah untuk Panitia Khusus (Pansus) 29 yang belum lama ini ‘plesiran’ ke Bali selama empat hari.

Seperti diketahui Pansus 29 yang merupakan Pansus Penyertaan Modal kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi. Rencananya, pada tahun 2019 mendatang PDAM Tirta Bhagasasi akan diberikan modal sekitar 250 miliar rupiah yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi. Draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tersebut pun telah tersedia.

Padahal rancangan tersebut tidak tertuang dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2018 dan baru diajukan beberapa pekan silam. Dewan pun sebenarnya masih menyisakan enam Raperda lain yang seharusnya dibahas, seperti raperda tentang industri kecil menengah serta tentang lahan pertanian berkelanjutan.

Sekretaris DPRD Herman Hanafi membeberkan alokasi anggaran untuk satu Pansus dialokasikan sebesar 1 miliar rupiah. Anggaran tersebut kata dia, sudah tertuang dalam APBD Kabupaten Bekasi tahun 2018.

“Tapi ya gak habis anggaran segitu. Realisasinya relatif gimana (Dewan) yang datang yang ikut. Kan itu mah serapan perjalanan. Kalau hadir semua serapannya tinggi. Misal kalau Pansus 29 ada 23 orang anggota yang ke Bali kalau yang berangkatnya 15 kita bayar 15. Yang gak masuk dalam ke Pansusan yang gak berangkat gak bakalan saya bayar. Mau nuntut kayak apa juga, mau ditodong pakai pistol juga gak akan,” kata Herman Hanafi, Senin, (08/10/2018).

Tambah Herman, anggaran 1 miliar tersebut untuk biaya perjalanan dinas hingga biaya rapat-rapat seperti ke Provinsi dan ke Kementrian. “Terbang, menginap, uang saku, transport dan rapat-rapat. Itu termasuk untuk staf pendamping yang ikut. Kalau saya gak ikut mah saya gak dapat. Saya sendiri gak pernah ikut,” ucapnya.

Susunan keanggotaan Pansus 29 DPRD Kabupaten Bekasi.

Disinggung kenapa Pansus 29 yang berencana melakukan kunjungan kerja ke Badung, Bali akan tetapi berubah menjadi ke Denpasar, Bali, menurutnya tergantung daerah dituju menerima atau tidak. “Ya gimana daerahnya, kalau daerahnya gak menerima. Awalnya nerima ada apa, ya bergeser ke Kabupaten yang mana. Sesuai dengan kebutuhannya aja,” katanya.

Sebelumnya diberitakan Ketua Pansus 29 Nyumarno mengaku Sabtu (06/10/2018) pagi lalu dirinya sudah kembali dari Bali. “Sudah pulang. Subuh tadi sudah pulang,” kata dia melalui pesan singkat kepada djapos.com, Sabtu (6/10/2018) sore.

Ditanya berapa hari Pansus 29 berkunjung ke Bali dan berapa Anggota Dewan yang melakukan kunjungan kerja ke Bali? “Tanggal 03 sampai dengan 06 Oktober 2018. Pimpinan Dewan dan Anggota Pansus 29,” jelasnya.

Semantara Wakil Ketua Pansus 29 Kardin membenarkan kunjungan Pansus 29 ke Bali selama empat hari. “Semua Anggota Dewan yang tergabung dalam Pansus 29 ikut semua melakukan kunker ke Bali,” kata dia saat dihubungi djapos.com.

Disinggung kenapa Bali menjadi tujuan, Angota Dewan dari Partai Golkar ini beralasan adanya kesamaan antara PDAM Kota Badung dan Kota Denpasar. “PDAM nya sama. PDAM antara Kota Badung dan Kota Denpasar mirip. Awalnya kan ke Badung dirubah jadi Kota Denpasar gitu kunjungannya,” jelasnya.

Kardin juga mengakui ada beberapa Anggota Dewan yang membawa keluarga saat kunjungan kerja ke Bali. “Ia ada bawa bini doang,” ucapnya.

Disinggung apakah dirinya membawa keluarga. “Engga kebetulan bini saya nganter anak saya ke Jogja,” ucapnya.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

 

Baca Berita Sebelumnya :

Pansus Penyertaan Modal PDAM ke Bali Empat Hari, Ada yang Bawa Keluarga Gak Ya?

Rp 250 Miliar Untuk PDAM Tirta Bhagasasi, Keberpihakkan pada Dunia Pendidikan Dipertanyakan

DPRD Kab Bekasi Bentuk Pansus Penyertaan Modal PDAM dan BJB

Pemisahan Aset Belum Terlaksana, Penyertaan Modal PADAM Tirta Baghasasi Terus Berlanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *