PKB KIR Ujung Menteng Utamakan Pelayanan Publik, Kini Hadir Aplikasi e-KIR Booking 5/5 (2)

Kantor Pelayanan uji KIR di PKB Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

Jakarta Timur, Djapos.com – Segala pembenahan dari hal kecil hingga besar telah selesai dikerjakan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Saat ini Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) KIR Ujung Menteng lebih siap untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat dalam pengujian kendaraan. Dan kini juga telah didukung dengan fasilitas lainnya serta tidak monoton terhadap uji KIR kendaraan bermotor saja.

Pelaksana Harian Kepala Sub.Bagian (PLH Kasubbag) PKB KIR Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Tiyana Brotoadi, bahwa ada sedikit perbaikan sistem dan fasilitas yang dilakukan dalam pelayanan PKB KIR Ujung Menteng.

“Adapun fasilitas tambahan agar mempermudah pemilik dan penumpang yang turut hadir dapat merasakan kenyamanan saat menunggu kendaraannya yang sedang di uji KIR, seperti perbaikan ruang tunggu penumpang, ada ruang laktasi (untuk ibu menyusui), ruang toilet bersih, ruang baca, serta sudah menggunakan sistem Aplikasi Electronic-KIR Online (eKIR-Booking),” kata Tiyana kepada djapos.com Kamis (11/10/2018).

Lebih lanjut Tiyana menjelaskan cara menggunakan Aplikasi Electronic-KIR Online (eKIR-Booking) “Caranya cukup mudah hanya dengan men-Download eKIR-Booking di Google Play Store dan sudah dapat langsung digunakan dengan meregistrasi-Nya,” jelasnya.

Masih menurut Tiyana, sistem eKIR-Booking sendiri diberlakukan untuk menghapus sistem lama dengan menggunakan perantara “Biro Jasa” ataupun “Calo” yang banyak merugikan masyarakat.

Pasalnya Unit PKB Uji KIR juga menerima dampak kerugian dalam hal ketertiban pelayanaan sebelumnya, seperti penumpukan volume antrian unit kendaraan yang tidak menentu waktu pengujiannya dan tidak terjaganya kebersihan unit Pengujian Kendaraan Bermotor.

Fasilitas baru yang ada di Kantor Pelayanan uji KIR PKB Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

“Jadi untuk sistem yang saat ini sudah diberlakukan, masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik. Saya juga menghimbau untuk pemilik kendaraan agar hadir sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh sistem aplikasi eKIR-Booking tersebut” imbuhTiyana.

Anggaran yang dibayarkan pun sudah melalui sistem transfer dengan nomor Account Virtual dan sesuai dengan retribusi resmi yang diatur Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Retribusi Daerah. Biaya retribusi paling mahal Rp 87 ribu untuk mobil barang, bus dan kereta tempel. Sedangkan paling murah Rp 62 ribu untuk kendaraan mobil penumpang umum.

“Dengan sistem aplikasi eKIR-Booking tidak akan ada lagi penumpukan unit kendaraan. Selain itu, Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) KIR Ujung Menteng lebih teratur dan tertib. Dengan sistem seperti eKIR-Booking ini tanpa melalui perantara Biro Jasa atau pun Calo, serta juga melawan PUNGLI,” pungkasnya.

Tujuan dibuatnya program sistem eKIR-Booking ini untuk lebih mempermudah pemilik unit kendaraan bermotor dalam penentuan lokasi PKB Uji KIR. Yaitu sesuai dengan domisili pemilik, lebih efisien, hadir dapat sesuai waktu yang sudah ditentukan, tidak ada penumpukan unit kendaraan yang antri, lebih tertib, bersih dan mempunyai tingkat kenyamanan.

Program pelayanan publik ini sudah sesuai dengan target yang ditentukan kepada Tiyana Brotoadi selama 6 (enam) bulan sejak April 2018 sampai dengan Oktober 2018.

 

Reporter : And

Foto : dok/DJP/And

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *