Rapat Akbar Sekber Wartawan Kota Depok 2018 Dibuka Oleh Kadis Kominfo

Nampak peserta Rapat Akbar 2018 Sekber Wartawan Kota Depok, berpose bersama Kadiskominfo Kota Depok.

Depok, Djapos.com – Menjelang tutup tahun, Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Kota Depok, menggelar acara Rapat Akbar 2018 di Rumah Makan Saung Situ Jatijajar, Tapos, Depok, Jawa Barat, Jum’at (21/12/2018).

Acara yg diakui akan menjadi tradisi tahunan organisasi Wartawan Kota Depok itu, dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok Sidik Mulyono, didampingi Ketua Presidium Hery Budiman, serta Sekjen Sekber Johanes Hutapea dan juga beberapa pengurus Presidium lainnya.

Kepala Diskominfo Pemkot Depok, Sidik Mulyono dalam sambutannya menyatakan menyambut baik kegiatan Rapat Akbar Sekber Wartawan kota Depok dan mengapresiasi program-program kegiatan Sekber selama setahun berjalan di tahun 2018.

“Sekber wartawan Depok yang sudah berbadan hukum, diharapkan mampu mengedukasi melalui ide-ide kegiatan. Sesuai dengan tema “From The Ideas to Act’ (berbuat dari gagasan), ada dua hal penting yang perlu diperhatikan yaitu, Kreativitas dan Inovasi.” ujar Sidik.

Sidik juga menambahkan, ada 4 hal yang harus dilakukan, pertama; kenali diri kita, kedua; percaya diri, ketiga; fokus dan jangan menutup diri serta keempat; tawakal. Do not give up, jangan gampang menyerah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Presidium Hery Budiman, dalam sambutannya menyatakan Sekber telah memiliki Koperasi, Lembaga Kajian dan yang masih dalam penyusunan yaitu; Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH).

“Semua lembaga itu berdiri sendiri-sendiri dan berbadan hukum, sedangkan Sekber merupakan holding nya. Insha Allah di kwartal pertama 2019 semua sudah beres.” papar Hery.

Hery menambahkan Selain kegiatan “Ngopi Bareng Sekber” yang rutin setiap diadakan setiap Jum’at dan program-program peningkatan kompetensi wartawan, Sekber juga telah melakukan dua kajian yang berkenaan dengan permasalahan sampah dan kemandirian pasar tradisionil. Terkait kajian tersebut Sekber bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), Universitas Pancasila (UP), dan Universitas Nasional (Unas).

“Insya Allah proposal kajian sudah masuk di Januari – Februari 2019. Mudah-mudahan dalam dua tahun bisa selesai. Diharapkan itu nantinya bisa menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)” tandas Hery.

Sementara Sekjen Sekber, Johanes Hutapea dalam sambutannya menjelaskan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan Sekber sepanjang tahun 2018. “Sekber telah berbuat banyak hal di tahun 2018 ini. Ada 17 program kegiatan yang telah dilaksanakan keluar (external) dan 7 kegiatan kedalam (internal)” ujar Johanes.

Rapat Akbar ini sendiri tambah Johanes, adalah merupakan wadah untuk menampung aspirasi dari anggota terkait program kegiatan untuk tahun 2019.

“Di tahun 2017 lalu, kita lakukan Rapat Akbar. Menampung usulan, ide, gagasan dari anggota. Saat itu yang hadir sebanyak 83 orang. Lalu digodok oleh tim dan hasilnya program sekber 2018 sampai 2021,”  jelas Jhon panggilan akrab Johanes.

Rapat Akbar yang digelar hari ini, tambahnya, juga untuk menampung gagasan atau usulan maupun saran-saran, dan selanjutnya membuat skala prioritas apa saja yang akan dilakukan sekber di tahun 2019.

“Tagline besar kita di tahun 2019 adalah usaha mikro dan koperasi, sebagai potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.” tegas Jhon.

Disisi lain, pada kesempatan tersebut, penyedia tempat yang juga sudah dianggap sebagai orang tua angkat Sekber, Bung Semy turut pula memberikan masukan terkait fungsional Wartawan. Dalam sambutannya Bung Semy mengajak para Wartawan agar bisa mengkritisi secara positif kinerja pemerintah dalam membangun Kota Depok kedepan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabid dan Kasie, Supervisor Komunikasi dan Layanan Pelanggan PDAM Tirta Asasta, Ketua Koperasi Sekber Wartawan Sejahtera Agus Prabowo, Ketua Majelis Pers Depok Muryanto, Ketua PWON Beny Gerungan, Pengurus HIPSI Depok Jhoni, serta puluhan anggota Sekber Wartawan Kota Depok.

Reporter : GFT

Foto : dok/DJP/GFT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *