Saluran Irigasi Cipagadungan ‘Ditutup’ Lippo, Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Minta Dibuka Kembali

Saluran irigasi terbuka Cipagadungan yang ditutup Lippo Cikarang.

Cikarang Selatan, Djapos.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi meminta pihak Lippo Cikarang membuka kembali daerah irigasi terbuka Cipagadungan yang berada di Jalan Orange County Boulevard, Desa Cibatu, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

“Hasil pengecekan kami di lokasi, irigasi Cipagadungan itu daerah irigasi terbuka. Akan tetapi sekarang dijadikan daerah irigasi tertutup oleh pihak Lippo. Kami sudah meminta pihak Lippo untuk membuka kembali. Pihak Lippo pernah menjanjikan secara lisan akan membesarkan dimensinya. tapi hingga saat ini belum,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir, kepada djapos.com, Kamis (17/01/2019).

Menurut Chaidir, penutupan saluran irigasi Cipagandi merupakan penyebab terjadinya genangan air pada di jalan utama Meikarta saat turun hujan. Untuk itu kata dia, pihaknya juga menyarankan pihak Lippo segera melakukan penanggulangan.

“Penanggulangannya dengan cara dimensi gorong-gorong saluran Cipagadungan diperbesar agar bisa menampung debit air hujan. Perlu ada normalisasi kali Cipagadungan antara danau Central Park Meikarta sampai cross tol Cikampek. Dan ukuran gorong-gorong di cross Cikampek diperbesar agar arus aliran air lancar,” jelasnya.

Chaidir juga mengungkapkan, penutupan saluran irigasi Cipagadungan terjadi sejak pembangunan jalan di kawasan tersebut. Dikatakannya, penutupan saluran air terbuka tentunya harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak yang berkewenangan.

“Saya tidak tahu itu (penutupan saluran air) ada atau tidak (izinnya). Itu sepertinya kewenangan PJT. Tapi, karena ada di kawasan Lippo Cikarang maka pihak Lippo yang harus lebih ‘care’ peduli,” singgungnya.

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *