Baznas Kab Bekasi Adakan Program “Bekasi Sehat” Untuk Masyarakat Tidak Mampu dan Kurang Beruntung

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi yang menggelar Program “Bekasi Sehat”.

Pebayuran, Djapos.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi menyelenggarakan serta menyalurkan bantuan Program ‘Bekasi Sehat’ guna meringankan beban bagi masyarakat yang kurang mampu dan kurang beruntung di Desa Karanghaur, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/01/2019).

Menurut Amin selaku penyalur distribusi bantuan untuk wilayah Bekasi kepada djapos.com menjelaskan, bahwa Baznas Kab Bekasi mengadakan program untuk ‘Bekasi Sehat’, sasarannya adalah masyarakat yang kurang mampu. Program yang dilaksanakan oleh Baznas Kab Bekasi ini semata-mata hanya untuk ‘mengcover’ program dari pemerintah daerah.

“Karena memang di desa ini ada pengajuan bantuan buat para kaum dhu’afa, fakir miskin dan Lansia yang memang memerlukan biaya untuk kesehatan. Bentuk bantuan yang kita berikan berupa uang dan juga sembako. Namun untuk bantuan yang kedua berupa pengajuan jamban gratis bagi keluarga tidak mampu, khususnya bagi warga yang memang belum memiliki WC dirumahnya, semua itu merupakan pengajuan dari pemerintah desa dan juga puskesmas,” terang Amin.

Salahsatu Jamban umum yang tidak layak dan akan mendapatkan bantuan berupa pengajuan jamban yang layak dan gratis bagi keluarga tidak mampu, khususnya bagi warga yang memang belum memiliki WC dirumahnya.

Masih menurut Amin, bantuan yang disalurkan untuk setiap kecamatan itu ada dua puluh titik dan kebetulan untuk daerah Kecamatan Pebayuran sendiri khususnya Desa Karanghaur itu ada 15 titik dan sisanya untuk Desa Karangsegar.

“Bantuan tersebut kita sesuaikan dengan jumlah pengajuan yang diusulkan baik dari Pemerintah Desa maupun Puskesmas, ” jelas Amin lagi.

Sementara itu, Kades Karanghaur Juhendi Sulaeman, SE, kepada djapos.com juga menuturkan, bahwa program sosial seperti yang dilakukan oleh Baznas Kab Bekasi pada hari Rabu (23/01/2019) merupakan bentuk kepedulian sosial kepada warga yang tidak mampu serta kurang beruntung.

“Saya selaku Kades Karanghaur tentu sangat berterima kasih kepada Baznas Kab Bekasi yang telah menyalurkan bantuannya kepada warga kami yang memang memerlukan bantuan. Dua jenis bantuan yang diberikan buat Desa Karanghaur yang berada di RT. 001/002 berupa WC cantik dan bantuan kesehatan bagi jompo yang tidak mampu. Selain itu juga bantuan kesehatan bagi bayi balita berusia dua tahun yang saat ini mengidap penyakit Hidrosefalus (pembesaran dibagian kepala) untuk segera ditangani secepatnya,” kata Juhendi.

Lebih lanjut, Juhendi menjelaskan, kurang lebih ada tujuh orang yang diajukan untuk menerima bantuan kesehatan dari Baznas. Bantuan tersebut merupakan yang diprioritaskan bagi mereka yang memang tidak mampu.


Kades Karanghaur, Juhendi Sulaeman, SE, Saat menyerahkan bantuan berupa sembako dan sejumlah uang kepada Nenek Jompo yang tinggal sebatangkara.

“Seperti halnya nenek jompo yang sudah berusia 80 tahun lebih dan hanya tinggal sebatangkara karena memeng tidak memiliki keluarga. Ya harapan saya semoga program seperti ini bisa terus berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi, agar masyarakat yang kurang mampu juga bisa mendapatkan hak yang sama. Walaupun Pemerintahan Desa yang sekarang ini masih dibilang baru, tapi kita akan terus berusaha untuk mendata siapa saja warga kita yang memang tidak mampu dan memerlukan bantuan,” pungkasnya.   

Reporter : R4Y

Foto : dok/DJP/R4Y

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *