Pelayanan Tetap Gratis, 44 Puskesmas di Kabupaten Bekasi Akan jadi BLUD

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enni.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Sebanyak 44 Puskesmas yang berada di Kabupaten Bekasi akan berubah statusnya menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enni mengatakan akan terdapat banyak keuntungan jika status Puskesmas di Kabupaten Bekasi dirubah menjadi BLUD, diantaranya Puskesmas dapat menentukan layanan kesehatan prioritas bagi masyarakat.

“Jadi, jika di salahsatu Kecamatan tingkat melahirkan lebih tinggi, Puskesmas setempat dapat memperioritaskan layanan kesehatan tersebut,” ujarnya, Selasa (12/03/2019)

Menurut dia, selain dapat menetapkan skala prioritas dalam layanan, Puskesmas juga dapat menggunakan anggaran yang ada untuk meningkatkan pelayanan dan mutu gedung.

“Sebelum statusnya BLUD, untuk memperbaiki genteng Puskesmas bocor saja harus menungggu program perbaikan Puskesmas dari APBN atau APBD. Dengan menjadi BLUD Puskesmas dapat menggunakan anggaran secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan Puskesmas, misalnya memperbaiki gedung yang rusak atau bocor,” katanya.

Masih kata Sri Enni, dengan meningkatnya status Puskesmas menjadi BLUD, pelayanan kesehatan juga tetap tidak dipungut biaya. “Jadi pengobatan tetap gratis atau tidak dipungut biaya,” ucapnya.

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *